PENGARUH PENGGUNAAN LIMBAH PLASTIK SEBAGAI BAHAN TAMBAH PADA CAMPURAN ASPAL LAPIS AUS AC-WC (ASPHALT CONCRETE-WEARING COURSE)

Wahyuni, Aulia Nur (2023) PENGARUH PENGGUNAAN LIMBAH PLASTIK SEBAGAI BAHAN TAMBAH PADA CAMPURAN ASPAL LAPIS AUS AC-WC (ASPHALT CONCRETE-WEARING COURSE). Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (158kB)
[img] Text
Pengesahan Skripsi.pdf

Download (808kB)
[img] Text
Pernyataan keaslian skripsi.pdf

Download (436kB)

Abstract

Sampah plastik merupakan jenis sampah yang menjadi ancaman serius bagi lingkungan karena selain volumenya yang terus bertambah, limbah plastik juga merupakan jenis sampah yang sulit terurai melalui proses alam. Penelitian ini dilakukan guna mengurangi keberadaan sampah dan mengetahui bagaimana pengaruh limbah plastik pada campuran aspal. Pengujian ini dilakukan di Laboratorium Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari. Variasi bahan tambah plastik yang digunakan adalah 3%, 6%, 9%, 12% dan 15% berjenis plastik PET (Polyethylene Terephthalate) dalam campuran aspal laston AC-WC. Metode yang digunakan adalah dengan pengujian Marshall. Terdapat pengujian berat jenis agregat kasar, agregat halus, filler dan pengujian aspal yang meliputi berat jenis aspal, penetrasi dan tiitk lembek aspal. Dari hasil penelitian maka didapat nilai kadar aspal optimum (KAO) pada campuran aspal laston AC-WC yaitu 5,75%. Dari hasil pengujian Marshall didapat nilai Stabilitas, Flow, Density, Marshall Quotient (MQ), VIM, VMA dan VFB pada setiap kadar plastik memenuhi spesifikasi campuran aspal laston AC-WC. Akan tetapi untuk VIM kadar plastik 15% tidak memenuhi spesifikasi campuran aspal laston AC-WC.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Limbah Plastik, AC-WC, Marshall.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Depositing User: Aulia Nur Wahyuni
Date Deposited: 25 Sep 2023 02:04
Last Modified: 25 Sep 2023 02:04
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/17822

Actions (login required)

View Item View Item