EFEKTIVITAS BADAN PENGAWASAN PEMILIHAN UMUM KABUPATEN TANAH BUMBU (Studi Kasus Pelayanan Aduan Pelanggaran Pemilihan Umum)

Lidyana, Yuni (2023) EFEKTIVITAS BADAN PENGAWASAN PEMILIHAN UMUM KABUPATEN TANAH BUMBU (Studi Kasus Pelayanan Aduan Pelanggaran Pemilihan Umum). Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstak Yuni.pdf

Download (18kB)
[img] Text
Pengesahan Yuni.pdf

Download (304kB)
[img] Text
Pernyataan Yuni.pdf

Download (115kB)

Abstract

Kualitas pelayanan publik akan tercipta maksimal apabila komunikasi antara pemerintah dan masyarakat dapat berjalan secara interaktif dan komunikatif. Sehingga pelayanan yang dilakukan akan berjalan maksimal dan masyarakat sebagai penerima layanan akan merasa puas, maka dari itu untuk meningkatkan kehandalan dalam rangka Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Tanah Bumbu menyiapkan laporan perpaduan sistem online dan offiline untuk menunjang kinerja secara maksimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Pelayanan aduan yang disiapkan diharapkan menjadi solutif bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi dalam memberikam informasi kepada Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Tanah Bumbu sehingga dapat menciptakan sistem kerja pemerintah yang efektif sesuai dengan electronics government. Penelitian yang dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui dan memberikan informasi tentang bagaimana efektivitas Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Tanah Bumbu dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat melalui perpaduan sistem yang telah dilaksanakan. Metode penelitian yang dilaksanakan oleh penulis menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian dilaksanakan dengan teknik analisis kualitatif dengan menggunakan pendekatan teori yang dikemukakan oleh Lubis dan Huseini yang menjelaskan efektivitas dapat dilihat melalui efisiensi pelayanan, daya tanggap petugas, sarana dan prasarana, semangat kerja sama dan loyalitas kelompok kerja, serta hubungan antara pimpinan dan bawahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Badan Pengawas Pemilihan Umum dalam Pelayanan Aduan Pelanggaran Pemilihan Umum di Kabupaten Tanah Bumbu sudah memiliki komunikasi yang baik dan telah dilaksanakan oleh setiap anggota Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Tanah Bumbu. Walaupun masih terdapat masalah seperti sarana dan prasarana yang kurang memadai, jaringan internet yang belum stabil, masyarakat yang kurang informasi mengenai pelayanan aduan karena kurangnya sosialisasi kepada masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Electronics Government, Pelayanan Publik
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Yuni Lidyana
Date Deposited: 25 Sep 2023 05:43
Last Modified: 25 Sep 2023 05:43
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/17836

Actions (login required)

View Item View Item