AN ANALYSIS OF THE UNDERGRADUATE ENGLISH STUDENTS’ MOTIVATION IN EMERGENCY REMOTE LEARNING DURING COVID-19 PANDEMIC: A CASE STUDY

JAKIAH, JAKIAH (2023) AN ANALYSIS OF THE UNDERGRADUATE ENGLISH STUDENTS’ MOTIVATION IN EMERGENCY REMOTE LEARNING DURING COVID-19 PANDEMIC: A CASE STUDY. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak Jakiah.pdf

Download (148kB)
[img] Text
Pengesahan Jakiah.pdf

Download (238kB)
[img] Text
Pernyataan Keaslian Jakiah.pdf

Download (179kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab rendahnya motivasi belajar mahasiswa Bahasa Inggris dalam pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 di Universitas Banjarmasin Kalimantan Selatan, Indonesia. Penelitian inimenggunakan jenis penelitian kualitatif yang akan dilaksanakan oleh Universitas Banjarmasin. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa semester satu sampai semester tujuh Universitas Banjarmasin. Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan catatan harian dan wawancara. Data dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian berdasarkan hasil catatan harian dan wawancara, bahwa proses pembelajaran daring dilakukan dengan menggunakan aplikasi WhatsApp, Zoom meeting dan aplikasi lainnya. Faktor penyebab rendahnya motivasi belajar siswa adalah kondisi fisik yang sering sakit, koneksi internet, sistem teknologi, kurangnya dukungan sosial dan kurangnya perhatian keluarga kepada peserta, serta cara meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran daring di masa pandemi. 19 pandemi, ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Untuk meningkatkan motivasi belajar, pertama-tama ada dorongan dari dalam dan dukungan dari luar, misalnya kesadaran diri akan tanggung jawab, pembelajaran yang konsisten, menimbulkan rasa nyaman, aktif dan mudah berinteraksi sosial dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pandemi Covid-19, Pembelajaran Daring dan Motivasi Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Jakiah
Date Deposited: 26 Sep 2023 02:15
Last Modified: 26 Sep 2023 02:15
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/17847

Actions (login required)

View Item View Item