KOMUNIKASI DIGITAL EDUKASI MANFAAT ASURANSI ( STUDI KASUS PADA KOMPETENSI KARYAWAN PT ASURANSI JASINDO SYARIAH BALIKPAPAN )

Syahroni, Syahroni (2023) KOMUNIKASI DIGITAL EDUKASI MANFAAT ASURANSI ( STUDI KASUS PADA KOMPETENSI KARYAWAN PT ASURANSI JASINDO SYARIAH BALIKPAPAN ). Masters thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (767kB)
[img] Text
Pernyataan Keaslian Tesis.pdf

Download (253kB)
[img] Text
Pengesahan Tesis.pdf

Download (287kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui kompetensi karyawan dengan komunikasi digital guna edukasi manfaat asuransi yang dilaksanakan pada PT Asuransi Jasindo Syariah Balikpapan (2) mengidentifikasi kendala yang menjadi faktor penghambat dalam peningkatan kompetensi karyawan (3) mengetahui upaya yang dilakukan dalam mengantasi kendala-kendala yang dihadapi. Metoda pendekatan pada penelitian dilakukan secara kualitatif deskriptif analisis. Untuk pengumpulan data-data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi yang ditambah dengan data literatur kepustakaan sebagai landasan teori. Analisis data dilakukan adalah dengan deskriktif kualitatif dalam bentuk verbal yang diolah menjadi jelas akurat dan sistematis. Setelah itu baru dilakukan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menujukan bahwa : (1) Hasil kompetensi karyawan dengan komunikasi digital mengenai edukasi manfaat asuransi di PT Asuransi Jasindo Syariah Balikpapan adalah memiliki kompetensi yang baik, namun pihak asuransi belum memanfaatkan media digital secara maksimal, sehingga perlu adanya usaha untuk meningkatkan kemampuan yang dimiliki serta ilmu, pengalaman yang lebih dikembangkan berdaya guna dan berhasil guna. (2) Kendala yang menjadi faktor penghambat, yaitu (a) faktor kompensasi yang masih kalah dengan perusahaan lain. (b) Kurangnya pengetahuan masyarakat tentang asuransi syariah. (c) Masih kalahnya tingkat kepopuleran dengan perusahaan lain. (d) Keinginan karyawan untuk mencari pendapatan yang lebih baik di perusahaan luar. (e) Pandangan yang negatif terhadap asuransi. (3) Upaya yang dilakukan, diantaranya dengan (a) kompensasi yang sesuai dengan prestasi kerja. (b) meningkatkan pengetahuan dengan edukasi asuransi syariah. (c) meningkatkan kepopuleran dengan promosi. (d) Memberikan Reward kepada karyawan yang brprestasi. (e) Mengubah dengan edukasi asuransi syariah mengenai pengetahuan karyawan dengan sikap dan prilaku kepada nasabah. Sebagai rekomendasi oleh peneliti adalah (1) harus diperhatikan melalui pelaksanaan training-training untuk mendapatkan pendidikan dan peningkatan kompetensi karyawan. (2) Agar nasabah lebih memahami produk dan akad yang terdapat di PT Asuransi Jasindo Syariah. (3) Perlunya pengembangan kemampuan profesional komunikasi digital. (4) mengefektifkan cara berkomunikasi dengan kompeten agar dapat meningkatkan minat beli masyarakat. (5) Hendakya memberikan pemahaman serta memberikan pengetahuan kepada masyarakat akan sah nya Asuransi Syariah. (6) Era digital ini memang membuat perusahaan asuransi mengubah cara kerjanya dengan membuat website atau aplikasi ponsel dengan media digital zoom dan event-event.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi, Komunikasi Digital, Edukasi Manfaat Asuransi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: MR Syah Roni
Date Deposited: 02 Nov 2023 02:57
Last Modified: 02 Nov 2023 02:57
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/17958

Actions (login required)

View Item View Item