MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MUATAN PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN MODEL GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS V MIN 2 KOTA BANJARMASIN

Zuraida, Rita (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MUATAN PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN MODEL GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS V MIN 2 KOTA BANJARMASIN. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Pengesahan RITA.pdf

Download (104kB)
[img] Text
Pernyataan RITA.pdf

Download (193kB)
[img] Text
ARTIKEL RITA ZURAIDA 18520090_removed.pdf

Download (60kB)

Abstract

Penggunaan model pembelajaran dapat membantu siswa dalam mengkonkretkan pemahaman mereka terhadap aspek-aspek abstrak dalam Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), seperti fakta-fakta, konsep-konsep, dan prinsip-prinsip. Dengan memanfaatkan berbagai jenis model pembelajaran yang beragam, diharapkan dapat merangsang partisipasi siswa dalam proses pembelajaran, mendorong mereka untuk aktif mengikuti dan merespons materi yang diajarkan oleh guru. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas. Populasi penelitian ini terdiri dari seluruh siswa kelas VA MIN 2 Kota Banjarmasin yang berjumlah 29 siswa, dengan seluruh kelas VA menjadi sampel penelitian.Pendekatan pengolahan dan analisis data yang digunakan yaitu metode non statistik atau penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan aktivitas guru karena pengelolaan waktu yang lebih efektif dan perbaikan yang dilakukan dalam setiap sesi pembelajaran, sehingga aktivitas pembelajaran siswa menjadi lebih optimal. Hal ini juga mengakibatkan peningkatan aktivitas siswa, yang pada gilirannya dapat meningkatkan hasil belajar mereka. Aktivitas siswa selama pembelajaran sesuai dengan yang diharapkan oleh guru. Selama kegiatan pembelajaran, guru menggunakan pendekatan group investigation, yang telah meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi IPA, khususnya dalam topik organ tubuh manusia di kelas V. Ini juga mempromosikan kerja sama antara siswa dalam kelompok serta kemampuan mereka dalam berkomunikasi dan memberikan tanggapan secara efektif. Guru juga mendorong dan mendukung pada siswa untuk lebih disiplin dan bertanggung jawab dalam pembelajaran mereka.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Group Investigation, Hasil Belajar pada Muatan Pembelajaran IPA Menggunakan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: UPT PPJ
Date Deposited: 11 Oct 2023 05:02
Last Modified: 11 Oct 2023 05:02
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/18030

Actions (login required)

View Item View Item