KAJIAN TEORITIS TENTANG PERLINDUNGAN HUKUM BAGI TENAGA KERJA YANG MENGALAMI KECELAKAAN KERJA BERDASARKAN UNDANG-UNDANG KETENAGAKERJAAN NOMOR 13 TAHUN 2003

Hazmi, Muhammad Sultani (2023) KAJIAN TEORITIS TENTANG PERLINDUNGAN HUKUM BAGI TENAGA KERJA YANG MENGALAMI KECELAKAAN KERJA BERDASARKAN UNDANG-UNDANG KETENAGAKERJAAN NOMOR 13 TAHUN 2003. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ABSTRAK Hazmi.pdf

Download (98kB)
[img] Text
Pengesahan Hazmi.pdf

Download (76kB)
[img] Text
Pernyataan Keaslian Hazmi.pdf

Download (66kB)

Abstract

Ketenagakerjaan sebagai mana yang telah disebutkan pada Pasal 27 ayat 2 Undang- Undang Dasar Republik Indonesia 1945 tentang hak warga negara atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan. Memiliki arti yang dalam dan pasti artinya setiap tenaga kerja mendapatkan perlindungan dan kesejahteraan bagi para pekerja yang telah bekerja dalam sebuah perusahaan yang berdomisili diwilayah negara Indonesia. Perlindungan bagi tenaga kerja sangat penting untuk melindungi para pekerja yang ada dalam sebuah perusahaan, hal ini telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian normatif merupakan penelitian yang mengkaji studi dokumen, yakni menggunakan berbagai data sekunder seperti peraturan perundang-undangan, keputusan pengadilan, teori hukum, dan dapat berupa pendapat para ahli. Hasil dari penelitian ini adalah perusahaan/pemberi kerja wajib memberikan perlindungan terhadap pekerja, sesuai dengan yang telah diatur Pasal 13 ayat (1) Undangundang No 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional, yang berbunyi "pemberi kerja secara bertahap wajib mendaftarkan dirinya dan pekerjanya sebagai peserta kepada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial sesuai dengan program sosial yang diikuti”. Perlindungan kepada tenaga kerja di maksudkan untuk menjamin terpenuhinya hak-hak dasar pekerja atau buruh dan menjamin kesamaan atau kesempatan serta tanpa perlakuan yang beda antara pekerja yang satu dan pekerja yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kecelakaan Tenaga Kerja, Undang-Undang Ketenagakerjaan Nomor 13 Tahun 2003
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Muhammad Sultani Hazmi
Date Deposited: 19 Oct 2023 05:16
Last Modified: 19 Oct 2023 05:16
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/18146

Actions (login required)

View Item View Item