EFEKTIVITAS LAYANAN PEMBUATAN AKTA KELAHIRAN PADA PROGRAM PELAYANAN KADA SING AMPIHAN (PAKASAM) DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA BANJARMASIN

Ariyanti, Lusi (2023) EFEKTIVITAS LAYANAN PEMBUATAN AKTA KELAHIRAN PADA PROGRAM PELAYANAN KADA SING AMPIHAN (PAKASAM) DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA BANJARMASIN. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
PDF ABSTRAK LUSI.pdf

Download (58kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (310kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (284kB)

Abstract

Lusi Ariyanti, NPM.19120274 “Efektivas Layanan Pembuatan Akta Kelahiran Pada Program Pelayanan Kada Sing Ampihan (PAKASAM) Di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarmasin” Bimbingan Bapak Beni Akhmad Sebagai Pembimbing Utama dan Ibu Sitna Hajar Malawat Sebagai Co Pembimbing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektivitas dan Kendala dari Layanan Pembuatan Akta Kelahiran Pada Program Pelayanan Kada Sing Ampihan (PAKASAM) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarmasin. Metode Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Dari hasil penelitian, Layanan Pembuatan Akta Kelahiran Pada Program Pelayanan Kada Sing Ampihan (PAKASAM) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarmasin masih kurang efektif. Dilihat dari 3 (tiga) indikator efektifitas menurut Richard M. Steers (Aldino, 2018) yaitu Pencapaian Tujuan, Integrasi, dan Adaptasi. Dibuktikan dengan hasil penelitian Pencapaian Tujuan, kurun waktu penyelesaian akta kelahiran belum kesesuaian dan sasaran atau target pelaksanaan yang masih belum tercapai. Integrasi, kurangnya proses sosialisasi dan komunikasi dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarmasin dengan Masyarakat yang masih belum maksimal. Namun, Adaptasi, Kemampuan pegawai sebagai petugas pelaksana sudah melaksanakan pelayanan dengan baik dan terkait sarana dan prasarana sudah memadai. Adapun Faktor Kendala Efektivitas layanan pembuatan akta kelahiran pada program Pelayanan Kada Sing Ampihan (PAKASAM) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarmasin terdapat dua faktor yakni : kendala Jaringan dan kurangnya sosialisasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Layanan, Akta, Kelahiran, PAKASAM
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Lusi Ariyanti
Date Deposited: 31 Oct 2023 03:54
Last Modified: 31 Oct 2023 03:54
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/18231

Actions (login required)

View Item View Item