ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KECELAKAAN DAN DAERAH RAWAN KECELAKAAN LALU LINTAS (Studi Kasus : Jl. Ahmad Yani KM 170 Sampai Dengan KM 183 Di Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan)

Rezki Aulia, Muhammad (2023) ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KECELAKAAN DAN DAERAH RAWAN KECELAKAAN LALU LINTAS (Studi Kasus : Jl. Ahmad Yani KM 170 Sampai Dengan KM 183 Di Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan). Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Judul - Abstrak - Daftar Pustaka.pdf

Download (792kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan Ujian Skripsi.pdf

Download (248kB)
[img] Text
Pernyataan Skripsi.pdf

Download (200kB)

Abstract

Kecelakaan lalu lintas seringkali ditekankan sebagai permasalahan yang problematis. Banyaknya kejadian kecelakaan lalu lintas di jalan raya merupakan permasalahan yang terus menerus dipengaruhi oleh beberapa faktor. Di kawasan Jalan Ahmad Yani KM 170 hingga KM 183 di Kabupaten Tanah Bumbu, terdapat beberapa penyebab yang turut menyumbang terjadinya kecelakaan lalu lintas. Variabel-variabel tersebut sebagian besar berkaitan dengan perilaku manusia, termasuk namun tidak terbatas pada rasa kantuk, kelelahan, kelalaian, ketidakpedulian terhadap peraturan lalu lintas, kurangnya kemampuan mengemudi, dan melebihi batas kecepatan yang ditentukan. Dalam kaitannya dengan unsur lingkungan yang berkontribusi terhadap kecelakaan lalu lintas, penelitian saya menggunakan teknik Accident Equivalent Number (AEK) dan metode Upper Control Limit (UCL). Pendekatan ini digunakan untuk menganalisis dampak variabel seperti hujan, kondisi jalan, jalan berkelok, jalan rusak, dan mobil. Temuan yang diperoleh dari metode ini memberikan wawasan tentang hubungan antara faktor lingkungan dan kecelakaan lalu lintas. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi lokasi spesifik di sepanjang jaringan jalan yang sering terjadi kecelakaan lalu lintas di wilayah yang ditentukan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Daerah rawan kecelakaan lalu lintas¸ Metode AEK, dan UCL.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Depositing User: Rezki Muhammad Rezki Aulia Muhammad Rezki Aulia
Date Deposited: 18 Nov 2023 02:34
Last Modified: 18 Nov 2023 02:34
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/18364

Actions (login required)

View Item View Item