HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN OBAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN DI APOTEK RUMAH SAKIT MUTIARA BUNDA MARTAPURA KABUPATEN BANJAR TAHUN 2022

Laila, Noor Ulfiah (2023) HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN OBAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN DI APOTEK RUMAH SAKIT MUTIARA BUNDA MARTAPURA KABUPATEN BANJAR TAHUN 2022. Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM KALIMANTAN MAB.

[img] Text
Abstrak Ulfiah.pdf

Download (87kB)
[img] Text
Pengesahan Ulfiah.pdf

Download (127kB)
[img] Text
Pernyataan Ulfiah.pdf

Download (175kB)

Abstract

Masih terdapat adanya keluhan yang dirasakan oleh konsumen yang pernah membeli dan berkunjung di Apotek Rumah Sakit Mutiara Bunda Martapura Kabupaten Banjar. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis hubungan kualitas pelayanan obat dengan tingkat kepuasan konsumen di Apotek Rumah Sakit Mutiara Bunda Martapura Kabupaten Banjar Tahun 2022. Metode penelitian survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang berkunjung di Apotek Rumah Sakit Mutiara Bunda Martapura Kabupaten Banjar Tahun 2022 pada bulan Januari s/d Mei yakni sebanyak 2.250 konsumen, dan sampel sebanyak 96 responden. Teknik pengambilan sampel/metode penarikan sampel yang digunakan di dalam penelitian ini ialah rumus slovin. Teknik analisis data menggunakan analisis univariat dan analisis bivariat. Hasil analisis bivariat menunjukkan tidak ada hubungan bukti fisik, keandalan, ketanggapan, jaminan, empati dengan kepuasan konsumen di Apotek Rumah Sakit Mutiara Bunda Martapura Kabupaten Banjar Tahun 2022 dikarenakan nilai hasil p-value lebih besar dari tingkat kesalahan 0,05. Saran penulis yakni kecepatan pelayanan obat, pelayanan kasir ditingkatkan dan kelengkapan obat harus tetap dijaga dengan melakukan pemesanan sebelum obat habis sehingga tidak sampai terjadi kekosongan obat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen, Apotek
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: UPT PPJ
Date Deposited: 30 Nov 2023 05:07
Last Modified: 30 Nov 2023 05:07
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/18515

Actions (login required)

View Item View Item