PERENCANAAN DAN EVALUASI KINERJA STANDARD OPERATION PROCEDURE GUNA MENINGKATKAN EFEKTIVITAS OPERASIONAL KERJA PADA APOTEK AZHAR FARMA SULTAN ADAM

Al Hasani, Muhammad (2023) PERENCANAAN DAN EVALUASI KINERJA STANDARD OPERATION PROCEDURE GUNA MENINGKATKAN EFEKTIVITAS OPERASIONAL KERJA PADA APOTEK AZHAR FARMA SULTAN ADAM. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (215kB)
[img] Text
Keaslian Skripsi.pdf

Download (170kB)
[img] Text
Pengesahan Skripsi.pdf

Download (275kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan perencanaan Standard Operation Procedure (SOP) pada Apotek Azhar Farma yang bergerak pada bidang kefarmasian dan juga melakukan evaluasi terhadap kinerja SOP pengadaan obat, penyimpanan obat, penjualan obat bebas, penjualan obat dengan resep dokter, serta pelayanan kepada pasien. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan melakukan wawancara kepada manajemen apotek, observasi lapangan pada Apotek Azhar Farma, melakukan dokumentasi pada saat di lapangan, serta kepustakaan dengan mengumpulkan teori- teori yang berkaitan dengan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Apotek Azhar Farma telah menerapkan sebagian besar peraturan dan pedoman yang telah ditetapkan oleh pemerintah Indonesia dan juga memiliki pedoman SOP sendiri yang dibuat oleh manajemen apotek. Dalam pengadaan obat manajemen apotek sudah menerapkan aturan yang telah dikeluarkan oleh BPOM melalui peraturan nomor 10 tahun 2019 dan nomor 40 tahun 2013. Dalam melakukan penyimpanan obat sudah menerapkan aturan yang telah ditetapkan oleh Menteri Kesehatan Nomor 73 Tahun 2016 dan juga dalam melakukan pengeluaran obat menggunakan metode FIFO dan FEFO. Dalam melakukan penjualan obat bebas manajemen apotek memberikan prosedur bagi karyawan untuk memberikan rekomendasi dan edukasi terkait obat yang dipesan dan dipilih oleh pasien. Dalam melakukan aktivitas penjualan obat dengan resep dokter manajemen apotek telah menerapkan peraturan yang telah ditetapkan oleh Menteri Kesehatan melalui keputusan nomor 73 tahun 2013. Dalam pelaksanaan pelayanan kepada pasien manajemen apotek memberikan pedoman bagi karyawan untuk menanyakan terlebih dahulu keperluan pasien dan memberikan pelayanan yang baik untuk memberikan citra yang bagus bagi apotek. Saran dari peneliti adalah agar dapat kiranya manajemen apotek menjaga dan mengawasi jalannya prosedur demi efektivitas kerja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Perencanaan; Evaluasi; Kinerja; Standard Operation Procedure.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Depositing User: Muhammad Al Hasani
Date Deposited: 05 Dec 2023 01:51
Last Modified: 05 Dec 2023 01:51
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/18562

Actions (login required)

View Item View Item