ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN SERTA KEUNGGULAN DAYA SAING (STUDI PADA UMKM IKAN LAUT SEGAR DAN IKAN KERING ASIN DI DESA TANJUNG SAMALANTAKAN KABUPATEN KOTABARU)

Pratama, Hendri (2023) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN SERTA KEUNGGULAN DAYA SAING (STUDI PADA UMKM IKAN LAUT SEGAR DAN IKAN KERING ASIN DI DESA TANJUNG SAMALANTAKAN KABUPATEN KOTABARU). Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ARTIKEL SKRIPSI Hendri Pratama.pdf

Download (104kB)
[img] Text
Pengesahan Skripsi (Artikel).pdf

Download (355kB)
[img] Text
Keaslian Skripsi (Artikel).pdf

Download (305kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui apa saja strategi pemasaran yang telah dilakukan oleh UMKM Pemasaran Ikan, (2) mengetahui apa saja kendala/hambatan UMKM Pemasaran Ikan dalam meningkatkan penjualan serta keunggulan daya saing. Penelitin ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan oleh UMKM pemasaran ikan dengan menggunakan bauran pemasaran (marketing mix) yaitu produk, harga, tempat, dan promosi (4P). Berdasarkan hasil keempat variabel bauran pemasaran, sudah cukup baik dan efektif, namun ada beberapa juga yang masih perlu ditingkatkan seperti promosi yang masih dari mulut kemulut, untuk produk yang ditawarkan sudah sesuai dengan kualitas yang diberikan dan bervariasi, sedangkan harga yang ditawarkan kepada konsumen cukup relatif murah dan lokasi yang ditempati oleh UMKM pemasaran ikan ini sudah cukup baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Meningkatkan Penjualan, Meningkatkan Daya Saing
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Depositing User: Hendri Pratama
Date Deposited: 08 Dec 2023 01:47
Last Modified: 08 Dec 2023 01:47
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/18626

Actions (login required)

View Item View Item