KEBIJAKSANAAN PERSEDIAAN BARANG DAN PENJUALAN GUNA MENINGKATKAN LABA PERUSAHAAN STUDI PADA PT. AHSAN FARMA MEDIKA BANJARMASIN

Marni, Anida (2023) KEBIJAKSANAAN PERSEDIAAN BARANG DAN PENJUALAN GUNA MENINGKATKAN LABA PERUSAHAAN STUDI PADA PT. AHSAN FARMA MEDIKA BANJARMASIN. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (132kB)
[img] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (58kB)
[img] Text
keaslian.pdf

Download (59kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya persaingan pada perusahaan berkembang, dimana setiap perusahaan selalu ingin meningkatkan laba yang diperoleh. Peningkatan laba tersebut tentu bergantung pada bagaimana kebijakan perusahaan dalam mengatur persediaan dan penjualannya. Jika perusahaan tersebut tidak menggunakan kebijakan pada perusahaanya, bukan tidak mungkin hal tersebut akan membawa dampak buruk bagi perolehan laba dan juga perkembangan perusahaan tersebut. Penelitian ini bertujuan : untuk mengetahui (1) kebijaksanaan persediaan (2) kebijaksanaan penjualan, (3) faktor dalam menentukan kebijaksanaanya, (4) kendala yang dialami (5) upaya perbaikan yang dilakukan, (6) Perkembangan laba perusahaan selama 5 Tahun sejak Januari 2019 hinggan Maret 2023. Rancangan penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reserch) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini menggunakan tiga cara untuk mengumpulkan data yang diperlukan dalam analisis, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan (1) kebijaksanaan persediaannya menggunakan kebijakan dengan menerapkan pemilihan yang selektif kepada pemasok agar mendapatkan harga termurah untuk dapat menyaingi harga, menggunakan metode konsumsi, memaksimal penyimpanan gudang dengan memperbanyak kuantitas dan jenis obat. Kebijaksanaan penjualannya dalam meningkatkan laba perusahaan, PT. Ahsan Farma Medika menggunakan kebijakan tawar menawar bersama pelanggan sesuai harga di pasaran. (2) Faktor yang paling dipertimbangan dalam menentukan kebijaksanaan persediaan dan penjualan di PT. Ahsan Farma Medika adalah kepuasan pelanggan. (3). Kendala yang dihadapi PT. Ahsan Farma Medika dalam menerapkan kebijaksanaan persediaan dan penjualannya yaitu dari lingkungan luar perusahaan yaitu pesaing, perubahan minat konsumen, perubahan harga dari supplier dan peraturan dari pemerintah yang berubah-ubah, jangkauan pasar, pengiriman dari suplier atau pemasok yang terlambat. (4). Upaya PT. Ahsan Farma Medika dalam menghadapi kendala pada penerapaan kebijaksanaan persediaan dan penjualan yaitu melakukan evaluasi persediaan, menganalisa keinginan konsumen, dan melakukan pelayanan terbaik kepada konsumen. (5). Dari data perolehan laba PT. Ahsan Farma Medika tahun Januari 2019 sampai Maret 2023 dapat diketahui perolehan laba PT. Ahsan Farma Medika mengalami kenaikan berturut-turut setiap tahunnya dari tahun 2019 ke tahun 2020, dari 2020 ke tahun 2021, dapat diketahui pula penurunan perolehan laba pada tahun 2022.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kebijakan Persediaan, Penjualan, Laba Perusahaan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Anida Marni
Date Deposited: 22 Feb 2024 01:01
Last Modified: 22 Feb 2024 01:01
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/18635

Actions (login required)

View Item View Item