FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPATUHAN PESERTA PROGRAM RUJUK BALIK (PRB) PASIEN DIABETES MELLITUS DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ALALAK TENGAH TAHUN 2023

Yulia, Indah (2023) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPATUHAN PESERTA PROGRAM RUJUK BALIK (PRB) PASIEN DIABETES MELLITUS DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ALALAK TENGAH TAHUN 2023. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Lembar pengesahan.pdf

Download (92kB)
[img] Text
Pernyataan keaslian.pdf

Download (138kB)
[img] Text
Abstrak Pdf.pdf

Download (321kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi penulis secara langsung terhadap beberapa peserta program rujuk balik di wilayah kerja Puskesmas Alalak Tengah Banjarmasin, bahwa peserta rujuk balik yang patuh melakukan kunjungan ke puskesmas hampir sama dengan peserta yang tidak patuh melakukan kunjungan setiap bulan ke puskesmas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan umur, pengetahuan, informasi dan dukungan keluarga terhadap kepatuhan peserta program rujuk balik di wilayah kerja Puskesmas Alalak Tengah Tahun 2023.Penelitian ini menggunakan metode survei analitik dengan menggunakan pendekatan Cross Sectional. Teknik pengambilan sampel Total Sampling dengan jumlah sampel 75 orang menggunakan alat ukur kuesioner jenis angket dan analisis data menggunakan uji Chi-Square. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kepatuhan peserta program rujuk balik di wilayah kerja Puskesmas Alalak Tengah Banjarmasin memiliki tingkat kepatuhan sebesar (49.3%) dan yang tidak patuh sebesar (50.7%). Hasil analisis terdapat tidak ada hubungan umur p Value (0.732) dan terdapat hubungan pengetahuan p Value (0.001), Informasi p Value 0.483>⁡a 0.05 dan dukungan keluarga p Value (0.000). Diharapkan agar peserta patuh terhadap program rujuk balik sehingga kesehatan agar tetap terkontrol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kepatuhan, Umur, Pengetahuan, Informasi, Dukungan Keluarga
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: Indah Yulia
Date Deposited: 11 Dec 2023 02:28
Last Modified: 11 Dec 2023 02:28
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/18666

Actions (login required)

View Item View Item