PERAN ORANG TUA DAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MASA NEW NORMAL DI SD MUHAMMADIYAH 9 KOTA BANJARMASIN

Riqi, Riqi (2023) PERAN ORANG TUA DAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MASA NEW NORMAL DI SD MUHAMMADIYAH 9 KOTA BANJARMASIN. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (368kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (170kB)

Abstract

Dalam penelitian ini peran orang tua dan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa akan tercermin dalam tingkah laku anak sehari-hari di sekolah maupun di masyarakat. Motivasi belajar siswa kelas III di SD Muhammadiyah 9 Kota Banjarmasin cukup baik, ini dapat dilihat dari absensi masuk sekolah. Jenis penelitian ini adalah deskripsi kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang dilakukan menggunakan tringulasi data yaitu menggunakan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa peran orang tua dan guru dalam meningkatkan motivasi belajar pada masa pandemi covid-19 sudah baik. Pelaksanaan peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar yaitu 1) Guru sebagai fasilitator, 2) Guru sebagai pengarah, 3) Guru sebagai penyalur aspirasi 4) Guru sebagai motivator. Untuk memotivasi peserta didik biasanya guru memberikan pujian kepada peserta didik yang telah mengerjakan tugasnya dengan baik, sebaliknya guru juga bersikap bijak dalam menghadapi peserta didik yang tidak disiplin yaitu dengan memberikan hukuman/berupa teguran supaya peserta didik tidak melalaikan tugas dan kewajibannya. Untuk faktor yang mempengaruhi yaitu 1) faktor yang berasal dari pelajar 2) faktor yang berasal dari pengajar. Namun dari kedua faktor tersebut orang tua dan guru sudah berupaya menigkatkan motivasi belajar anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Peran Orang Tua dan Guru, Motivasi Belajar
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: UPT PPJ
Date Deposited: 12 Dec 2023 02:54
Last Modified: 12 Dec 2023 02:54
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/18699

Actions (login required)

View Item View Item