STRATEGI MARKETING PROGRAM AFFILIASI SHOPEE DI MEDIA SOSIAL MENURUT PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (STUDI KASUS PADA KECAMATAN BANJARMASIN SELATAN)

Maimunah, Siti (2023) STRATEGI MARKETING PROGRAM AFFILIASI SHOPEE DI MEDIA SOSIAL MENURUT PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (STUDI KASUS PADA KECAMATAN BANJARMASIN SELATAN). Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (141kB)
[img] Text
Lembar pengesahan.pdf

Download (277kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (215kB)

Abstract

Strategi marketing pada program affiliasi shopee ini terdapat banyak sekali bentuknya dalam mempromosikan ke media sosial dengan berhasil menjualkan suatu produk yang terdaftar pada program affiliasi shopee maka para anggotanya akan mendapatkan keuntungan atau komisi berbentuk uang yang akan dikirimkan kedalam akun shopeepay atau rekening bank. Pada keadaan seharusnya para anggota affiliasi shopee harus menerapkan etika bisnis islam yang paling utama sedangkan pada keadaan realita yang terjadi masih saja ada strategi marketing yang tidak sesuai dengan prinsip etika bisnis islam salah satunya adalah menggunakan tanda pagar (tagar) yang tidak sesuai di media sosial Twitter. Dari permasalahan tersebut penulis tertarik mengetahui lebih dalam bagaimana startegi marketing program affiliasi shopee di media sosial dan strategi marketing program affiliasi shopee di media sosial menurut perspektif etika bisnis islam yang terdapat pada Kecamatan Banjarmasin Selatan. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang dilaksankan dengan para anggota program affiliasi shopee yang dipilih menggunakan metode simple random sampling berjumlah lima orang dari berbagai tempat di Kecamatan Banjarmasin Selatan. Sumber data penelitian adalah primer dan sekunder. Pendekatan yang dilakukan studi kasus. Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini penulis menyimpulkan: para anggota program affiliasi shopee di Kecamatan Banjarmasin selatan sudah memenuhi lima prinsip-prinsip etika bisnis islam dengan menerapkan prinsip philanthropy memenuhi kebutuhan dan keinginan, prinsip altruism berlaku jujur, prinsip good proofit mendapatkan keuntungan dengan cara yang baik dan benar, prinsip common sense dimana semua pihak yang terlibat mendapatkan keadilan serta prinsip barakah cost dengan menjaga hubungan baik kepada semua pihak yang terlibat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Program Affiliasi, Aplikasi, Strategi Marketing, Media Sosial, Etika Bisnis Islam
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Siti Maimunah
Date Deposited: 23 Dec 2023 01:21
Last Modified: 23 Dec 2023 01:21
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/18757

Actions (login required)

View Item View Item