ANALISIS PERAN EKONOMI DIGITAL PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) STUDI KASUS KELURAHAN KEMUNING KECAMATAN BANJARBARU SELATAN

Rahmiyanti, Annida (2023) ANALISIS PERAN EKONOMI DIGITAL PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) STUDI KASUS KELURAHAN KEMUNING KECAMATAN BANJARBARU SELATAN. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
file pdf abstrak.pdf

Download (126kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (212kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (180kB)

Abstract

Pelaku usaha mikro dan menengah merupakan kelompok usaha yang dapat bertahan di tengah perubahan dan tidak mengenal batasan waktu serta tidak pernah mati. Perkembangan ekonomi digital telah menghasilkan layanan inovatif yang memberikan keunggulan, termasuk cara transaksi bisnis yang lebih baik dan model bisnis yang lebih fleksibel. Rumusan masalah yang diambil dari latar belakang tersebut adalah bagaimana peran Ekonomi Digital terhadap Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) studi kasus di Kelurahan Kemuning Banjarbaru Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran media ekonomi digital terhadap pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan untuk memahami bagaimana kendala dan manfaat penerapan ekonomi digital bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Kemuning Kecamatan Banjarbaru Selatan. Untuk mengungkapkan persoalan tersebut penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang berguna untuk memberikan fakta dan data mengenai peran media ekonomi digital terhadap pengembangan UMKM. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa media ekonomi digital berperan dalam pengembangan UMKM di Kelurahan Kemuning Kecamatan Banjarbaru Selatan. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu : di era ekonomi digital ini dengan menerapkan social media maupun social network, kendala penerapan ekonomi digital bagi pelaku UMKM di kelurahan Kemuning yaitu tidak jauh dari unsur pemasarannya, khususnya product, price, place, promotion, dan people. Sedangkan manfaat penerapan digital marketing bagi pelaku UMKM yaitu semakin dikenalnya nama dan produk yang membuat produktivitas UMKM meningkat, UMKM Kelurahan Kemuning juga telah menjalankan proses pemasaran sesuai ajaran Islam, di mana dalam Islam, manusia bekerja untuk meningkatkan kesejahteraan kehidupan yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Peran, Ekonomi Digital, dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: Annida Rahmiyanti
Date Deposited: 11 Jan 2024 05:26
Last Modified: 11 Jan 2024 05:26
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/18804

Actions (login required)

View Item View Item