PEMBELAJARAN MEMBACA DAN MENULIS ARAB MELAYU DI MI PLUS PONDOK IBNU ATTHA’ILLAH KAPUH KANDANGAN

Meyaamalia, Mira (2023) PEMBELAJARAN MEMBACA DAN MENULIS ARAB MELAYU DI MI PLUS PONDOK IBNU ATTHA’ILLAH KAPUH KANDANGAN. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
atikel mira.pdf

Download (629kB)
[img] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (632kB)
[img] Text
lembar keaslian.pdf

Download (632kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis pembelajaran membaca dan menulis Arab Melayu di MI Plus Pondok Ibnu Attha’illah Kapuh Kandangan dan juga faktor yang mendukung dan menghambat pembelajaran membaca dan menulis Arab Melayu di MI Plus Pondok Ibnu Attha’illah Kapuh Kandangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif jenis studi kasus. Subjek penelitian ini adalahKepala Sekolah, Ketua Kurikulum Pondok, Tata Usaha, Guru Pengajar Arab Melayu, Pengarang Kitab dan Siswa. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajiandata, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian pembelajaran membaca dan menulis Arab Melayu di MI Plus Pondok Ibnu Attha’illah Kapuh Kandangan terbagi dalam: 1) mengajarkan huruf Arab Melayu tunggal, 2) mengajarkan huruf vokal AIU Arab Melayu dan mengajarkan membaca dan menulis Arab Melayu bersambung atau merait per dua suku kata, 3) mengajarkan Arab Melayu sesuai kaidahnya. Faktor pendukung pembelajaran membaca dan menulis Arab Melayu di MI Plus Pondok Ibnu Attha’illah Kapuh Kandangan: 1) Menggunakan buku khusus yang dibuat oleh MI Plus Pondok Ibnu Attha’illah Kapuh Kandangan, 2) didukung dengan pelajaran iqra’ 3) Integrasi bahasa Arab Melayu pada mata pelajaran yang lain. Faktor penghambat pembelajaran membaca dan menulis Arab Melayu di MI Plus Pondok Ibnu Attha’illah Kapuh Kandangan yaitu Keterbatasan Alokasi Waktu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Membaca dan Menulis Arab Melayu, Faktor Pendukung dan Penghambat Pembelajaran Arab Melayu
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HS Societies secret benevolent etc
Depositing User: Mira Meyaamalia
Date Deposited: 02 Mar 2024 02:50
Last Modified: 02 Mar 2024 02:50
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/18834

Actions (login required)

View Item View Item