ANALISIS PENERAPAN PRINSIP SYARIAH DALAM AKTIVITAS JUAL BELI UMKM (Studi Kasus Toko M. Thaha di Semangat Dalam, Barito Kuala)

Rahman, Muhammad Ibnu (2023) ANALISIS PENERAPAN PRINSIP SYARIAH DALAM AKTIVITAS JUAL BELI UMKM (Studi Kasus Toko M. Thaha di Semangat Dalam, Barito Kuala). Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Pengesahan Skripsi..pdf

Download (455kB)
[img] Text
Pernyataan Keaslian Skripsi..pdf

Download (401kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (90kB)

Abstract

UMKM adalah sektor ekonomi lain yang sangat diatur oleh masyarakat dan telah menunjukkan ketahanan dalam menghadapi krisis ekonomi. Adapun rumusan masalah adalah penerapan prinsip dalam aktivitas jual beli yang ditinjau dari penerapan prinsip syariah pada Toko M. Thaha di Semangat Dalam, Kabupaten Barito Kuala. Bagaimana penerapan prinsip pelayanan dan pemilihan bahan produk yang ditinjau dari penerapan prinsip syariah dalam aktivitas jual beli pada pelaku UMKM Toko M. Thaha di Semangat Dalam, Kabupaten Barito Kuala. Tujuan penelitian Untuk mengetahui penerapan prinsip syariah dalam aktivitas jual beli yang sesuai dengan prinsip syariah pada Toko M. Thaha, Untuk mengetahui penerapan prinsip pelayanan dan pemilihan bahan produk yang dijual sesuai dengan prinsip syariah padaToko M. Thaha. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kasus karena dilakukan untuk mengevaluasi suatu fakta, gejala, dan peristiwa yang terjadi secara alami di lapangan dalam kaitannya dengan konteks, geografi, dan waktu. Teknik ini digunakan untuk mencapai tujuan penelitian. Hasil penelitian adalah Toko M. Thaha di Semangat Dalam telah menerapkan prinsip-prinsip syariah, dapat dilihat dari segi pelayanannya kepada konsumen dan memegang teguh dari kejujuran dan tidak mengambil keuntungan yang berlebihan, dari pemilihan produk berbahan kain yang halal, dan ini yang membuat berbeda dari Toko lainnya sehingga membuat ketertarikan tersendiri untuk lebih fokus untuk mendalami bagaimana pengetahuan pedagang UMKM tentang penerapan prinsip syariah dari segi pemilihan produk yang dijual di Toko M.Thaha, dan dari segi pelayanan yang menggambarkan pelaku pedagang UMKM di Toko M.Thaha yang menerapkan prinsip-prinsip syariah didalam aktivitas jual beli.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sharia Principles, Buying and Selling Activities, UMKM, M. Thaha Shop
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Depositing User: UPT PPJ
Date Deposited: 30 Jan 2024 02:54
Last Modified: 30 Jan 2024 02:54
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/18951

Actions (login required)

View Item View Item