UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN SBK MATERI KARYA SENI MELALUI KERAJINAN TANGAN KAIN BATIK SISWA KELAS V MIS AL ANSHARI BATU TUNGKU

Sutanto, Sutanto (2023) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN SBK MATERI KARYA SENI MELALUI KERAJINAN TANGAN KAIN BATIK SISWA KELAS V MIS AL ANSHARI BATU TUNGKU. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak SUTANTO.pdf

Download (130kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan Sutanto.pdf

Download (406kB)
[img] Text
Pernyataan Keaslian Sutanto.pdf

Download (823kB)

Abstract

Seni budaya dan keterampilan adalah sebagai salah satu bidang studi dalam pembelajaran dengan segala sesuatu yang diciptakan oleh manusia. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya nilai hasi belajar SBk sehingga masih banyak siswa yang perlu di evaluasi, hal ini ditunjukkan dengan hasil belajar siswa yang dibawah KKM. Dengan demikian tujuan peniliti mencoba untuk meningkatan hasil belajar dengan materi karya seni kerajinan tangan kain batik. Permasalah pada siswa kelas V MIS Al Anshari Batu Tungku pada pelajaran SBK yang masih sangat minim, hasil belajar siswa masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan dalam proses pembelajaran SBK guru tidak memberikan pelajaran lebih selain menggambar saja. Oleh karena itu dalam pelajaran SBK guru dapat memberikan pemahaman tentang materi karya seni dengan kerajinan tangan kain batik dan juga minimnya pengetahuan siswa terhadap kain batik khas jawa maka peneliti ingin memperkenalkan kain batik. Tujuan dari peneliti ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian tidakan kelas (PTK) yang dilaksanakan 4 kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan di Mis Al Anshari Batu Tungku Semester dua (genap) tahun 2023. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 16 orang siswa. Cara pengambilan data dengan teknik observasi guru, observasi aktivitas siswa dan hasil belajar yang digali dengan tes akhir belajar setiap pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa aktivitas siswa mengalami peningkatan dari siklus I menjadi 53,78 %, pada siklus II meningkat menjadi 73,53%, dengan kriteria sangat baik. Aktivitas guru terjadi peningkatan keaktifan dengan kriteria sangat aktif yang semula siklus I 94,5%, meningkat menjadi 100% siklus II. Ketuntasan hasil belajar siwa meningkat dari siklus I dan meningkat pada siklus II menjadi 98,5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan materi karya seni kerajinan tangan kain batik pada aktivitas guru, aktivitas siswa dan kentuntasan hasil belajar, yang sebelumnya nilai rata-rata di bawah KKM secara klasikal mengalami peningkatan pada setiap pertemuannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, SBK, Kerajinan Tangan Kain Batik
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: UPT PPJ
Date Deposited: 28 Dec 2023 02:46
Last Modified: 28 Dec 2023 02:46
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/18956

Actions (login required)

View Item View Item