ANALISIS PERSEPSI PEDAGANG PADA PENGGUNAAN QRIS SEBAGAI ALAT TRANSAKSI UMKM ( Studi Kasus Jalan Cempaka Raya, Kota Banjarmasin )

Sari, Dian Permata (2023) ANALISIS PERSEPSI PEDAGANG PADA PENGGUNAAN QRIS SEBAGAI ALAT TRANSAKSI UMKM ( Studi Kasus Jalan Cempaka Raya, Kota Banjarmasin ). Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Pengesahan Skripsi.pdf

Download (451kB)
[img] Text
Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (423kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (99kB)

Abstract

Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia meluncurkan QRIS, sebuah inovasi anyar, sebagai pemersatu pembayaran nontunai berbasis QR Code. Dengan adanya QRIS bertujuan untuk mempermudah para pedagang UMKM dan konsumen dalam melakukan interaksi jual beli secara nontunai. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana persepsi para pedagang pada penggunaan QRIS dan bagaimana penerapan QRIS sebagai pendorong untuk visi misi sistem pembayaran Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi para pedagang dan mengatahui bagaimana penerapan QRIS sebagai pendorong untuk visi misi Indonesia. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif, yang menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini yaitu para pedagang di jalan cempaka raya, yang berjumlah 5 orang. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu jika ditinjau dari persepsi para pedagang bahwa dengan adanya QRIS sangat mempermudah dan mempercepat proses transaksi antara pedagang dengan konsumen, pedagang tidak perlu lagi untuk menyiapkan uang kembalian serta meningkatkan kesuksesan komersial para pedagang. Jika ditinjau dari penerapan nya bahwa QRIS menguntungkan bagi pembeli dan penjual karena transaksinya berlangsung efesien melalui satu kode QR yang dapat digunakan untuk semua aplikasi pembayaran yang membuat proses transaksi menjadi lebih mudah dan praktis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: QRIS(Quick Responde Code Indonesian Standard), MSME Trader, Merchant Perception, QRIS Implementation
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: Dian Permata Sari
Date Deposited: 30 Jan 2024 02:56
Last Modified: 30 Jan 2024 02:56
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/18966

Actions (login required)

View Item View Item