PEMBENTUKAN KREATIVITAS SISWA PADA KELAS AKSELERASI MELALUI PROGRAM KEGIATAN FIELD TRIP (STUDI KASUS DI SD MUHAMMADIYAH 10 BANJARMASIN)

Saputra, Adi (2024) PEMBENTUKAN KREATIVITAS SISWA PADA KELAS AKSELERASI MELALUI PROGRAM KEGIATAN FIELD TRIP (STUDI KASUS DI SD MUHAMMADIYAH 10 BANJARMASIN). Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ABSTRAK ADI.pdf

Download (200kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (202kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI (1).pdf

Download (126kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembentukan kreativitas siswa melaui program kegiatan field trip, mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pembentukan kreativitas siswa melalui program kegiatan field trip. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Peneliti menggunakan tringgulasi sumber dan trianggulasi teknik untuk memperoleh keabsahan data. Kesimpulan Pembentukan kreativitas melalui program kegiatan field trip dilaksanakan melalui beberapa proses penerapan yaitu: a). Perencanaan: Perencanaan program field trip ini dimulai dari menentukan jumlah guru pendamping, lokasi kegiatan, kegiatan yang diangkat, dan penetapan jadwal kegiatan. b). Pelaksaaan: Pelaksanaan kegiatan pembentukan kreativitas siswa melalui program field trip dilakukan dengan mengangkat kegiatan membatik dan membuat gerabah. c). Evaluasi: Bentuk dari evaluasi ini yang pertama adalah evaluasi dari kepala sekolah kepada guru yang kedua evaluasi dari guru terhadap peserta didik. Faktor pendukung yang Pembentukan kreativitas siswa melalui program kegiatan field trip adalah Kerjasama antara guru dan orang tua dan lokasi Kegiatan field trip, Faktor penghambat Pembentukan kreativitas melalui program kegiatan field trip adalah Kurangnya pemahaman orang tua dan Kurangnya fasilitas pendukung pembentukan kreativitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembentukan Kreativitas, Siswa, Program Field Trip
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Adi Saputra
Date Deposited: 05 Jan 2024 02:06
Last Modified: 05 Jan 2024 02:06
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/19062

Actions (login required)

View Item View Item