ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA PEMBUDIDAYA IKAN PATIN DI DESA PENGGALAMAN KECAMATAN MARTAPURA BARAT DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH

Mulia, Aida (2024) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA PEMBUDIDAYA IKAN PATIN DI DESA PENGGALAMAN KECAMATAN MARTAPURA BARAT DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (411kB)
[img] Text
PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (245kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (219kB)

Abstract

Menilik sudah lamanya budidaya ikan patin berdiri ternyata Pembudidaya Ikan Patin Desa Penggalaman kurang memperhatikan promosi sebagai salah satu kegiatan pemasaran dalam meningkatkan pemasaran ikan patin. Rumusan masalah penelitian yaitu Bagaimana strategi pemasaran pada Pembudidaya Ikan Patin di Desa Penggalaman Kecamatan Martapura Barat dalam perspektif ekonomi syariah dan Bagaimana analisis SWOT dari strategi pemasaran Pembudidaya Ikan Patin di Desa Penggalaman Kecamatan Martapura Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti strategi pemasaran pada Pembudidaya Ikan Patin di Desa Penggalaman Kecamatan Martapura Barat dalam perspektif ekonomi syariah dan menganalisis faktor internal dan eksternal Pembudidaya Ikan Patin. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif serta analisis SWOT sebagai alat identifikasi lingkungan internal dan eksternal Pembudidaya Ikan Patin. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Populasi berjumlah 103 orang, sampel 10 responden. Penentuan besaran sampel menurut Gay dan Diehl (1992) yang menuliskan bahwa untuk penelitian deskriptif sampelnya 10% dari populasi. Peneliti melakukan observasi, kemudian mengumpulkan data melalui wawancara dengan Pembudidaya Ikan Patin Desa Penggalaman, serta dokumentasi sebagai pendukung penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembudidaya Ikan Patin telah menunjukkan penerapan bauran pemasaran tersebut sudah dilakukan dengan baik dan sesuai dengan prinsip syariah, serta tidak ada unsur-unsur yang menyimpang dengan syariat islam dalam proses pemasarannya sesuai teladan Rasulullah. Dari hasil matriks analisis SWOT dapat dilihat bahwa Pembudidaya Ikan Patin, Strength: modal, harga, kualitas ikan patin, serta pelayanan baik kepada pelanggan, Weaknesses: pemasaran, air, cuaca, penyakit, kurangnya dukungan pemerintah, pakan, harga, dan promosi, Opportunities: lokasi strategis dan usaha, Threats: hama dan pesaing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Analisis SWOT, Bauran Pemasaran, Budidaya Ikan Patin, Strategi Pemasaran Syariah.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
L Education > LB Theory and practice of education
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Depositing User: Aida Mulia
Date Deposited: 09 Jan 2024 03:35
Last Modified: 09 Jan 2024 03:35
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/19067

Actions (login required)

View Item View Item