FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KELELAHAN MATA AKIBAT BERMAIN GAME MOBILE LEGENDS PADA SISWA SMPN 4 ALALAK KELURAHAN HANDIL BAKTI KABUPATEN BARITO KUALA

Azhari, Saufi (2024) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KELELAHAN MATA AKIBAT BERMAIN GAME MOBILE LEGENDS PADA SISWA SMPN 4 ALALAK KELURAHAN HANDIL BAKTI KABUPATEN BARITO KUALA. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
FILE PDF ABSTRAK MUHAMMAD SAUFI AZHARI.pdf

Download (22kB)
[img] Text
Lembar pengesahan skripsi (Muhammad Saufi Azhari).pdf

Download (76kB)
[img] Text
Lembar pernyataan keasial skripsi(Muhammad Saufi Azhari).pdf

Download (110kB)

Abstract

Fenomena kelelahan mata pada pengguna Handphone dapat terjadi karena terlalu lama menatap layar handphone dengan melihat,membaca atau bermain game dekat dalam waktu yang lama. Kondisi demikian dapat menurunkan ketelitian dan kewaspadaan. Selain itu dapat menurunkan kondisi kesehatan siswa dan siswi bahkan dapat menyebabkan penyakit yang serius . Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan keluhan kelelahan mata. Tujuan penelitian untuk mengetahui dan menganalisis hubungan tingkat pengetahuan siswa siswi dengan kelelahan mata, hubungan antara tindakan siswa siswi dengan kesehatan, hubungan antara Siswa dengan hubungan antara kelelahan mata dengan tingkat kecerahan layar. Data di analisis secara univariat dan bivariat menggunakan uji chi-square. Populasi penelitian ini adalah Murid SMPN 4 Alalak. Sampel berjumlah 54 responden, pengembilan sampel dilakukan dengan cara Accidental Sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Metode penelitian menggunakan kuantitatif dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional dengan Variabel Independen berupa pengetahuan, sikap, tindakan, dan tingkat kecerahan layar. Hasil penelitian ada hubungan antara pengetahuan dengan Kelelahan Mata (0,00<0,05), ada hubungan antara sikap dengan Kelelahan Mata (0,00 <0,05), ada hubungan antara tindakan dengan kelelahan mata (0,005 < 0,05) dan ada hubungan antara tingkat kecerahan layar dengan kelelahan mata pada responden di SMPN 4 Alalak (0,042 > 0,05).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kelelahan Mata, Pengetahuan, Sikap, Tindakan dan Tingkat Kecerahan Layar
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Depositing User: UPT PPJ
Date Deposited: 08 Jan 2024 05:19
Last Modified: 08 Jan 2024 05:19
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/19083

Actions (login required)

View Item View Item