ANALISIS PELAKU USAHA TERHADAP STRATEGI PENETAPAN HARGA YANG TERJADI DI TOKO TIGA BERSAUDARA PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH

Pratama, Dhimas (2024) ANALISIS PELAKU USAHA TERHADAP STRATEGI PENETAPAN HARGA YANG TERJADI DI TOKO TIGA BERSAUDARA PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak Artikel.pdf

Download (200kB)
[img] Text
Pengesahan Skripsi.pdf

Download (117kB)
[img] Text
Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (83kB)

Abstract

Islam adalah agama yang komprehensif dengan pedoman kehidupan yang luas sesuai dengan ajaran Al-Qur'an dan Hadis. Setiap aspek kehidupan, seberapa pun kecilnya, telah diatur oleh Islam, dan umat manusia memiliki kewajiban untuk mematuhi semua peraturan yang telah ditetapkan oleh agama ini. Salah satu aspek kehidupan yang termasuk dalam mu'amalah (interaksi sosial) adalah praktik jual beli. Jual beli adalah proses pertukaran barang antara dua pihak yang dilakukan berlandaskan kesepakatan suka sama suka.Dalam konteks ini, transaksi jual beli menghasilkan berbagai macam strategi penetapan harga yang beragam, yang digunakan oleh berbagai pelaku usaha. Hal ini juga berlaku untuk Toko Tiga Bersaudara, yang memiliki pendekatan tertentu dalam menetapkan harga produknya. Pertanyaan yang muncul adalah bagaimana strategi penetapan harga ini diimplementasikan, dan bagaimana pandangan Hukum Ekonomi Syari'ah terhadap strategi penetapan harga ini.Penelitian ini menggunakan metode Naturalistik, yang mengacu pada pengumpulan data secara langsung di lapangan pada kondisi alamiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Toko Tiga Bersaudara menggunakan sistem kupon transaksi dan kupon undian dalam strategi penetapan harga mereka. Menurut pandangan Hukum Ekonomi Syari'ah, sistem kupon ini dapat digolongkan sebagai bentuk promosi dan dianggap sah selama prinsip dasar jual beli yang berlandaskan kesepakatan suka sama suka tetap terpenuhi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi Penetapan Harga , Toko Tiga Bersaudara, Hukum Ekonomi Syari’ah
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Dhimas Pratama
Date Deposited: 16 Jan 2024 02:23
Last Modified: 16 Jan 2024 02:23
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/19145

Actions (login required)

View Item View Item