HUBUNGAN SIKAP, PENGAWASAN DAN KEBIJAKAN K3 TERHADAP KEPATUHAN PENGGUNAAN APD (ALAT PELINDUNG DIRI) PADA PEKERJA PT. DOK & PERKAPALAN KODJA BAHARI (PERSERO) CABANG BANJARMASIN

Astriani, Sesaria (2024) HUBUNGAN SIKAP, PENGAWASAN DAN KEBIJAKAN K3 TERHADAP KEPATUHAN PENGGUNAAN APD (ALAT PELINDUNG DIRI) PADA PEKERJA PT. DOK & PERKAPALAN KODJA BAHARI (PERSERO) CABANG BANJARMASIN. Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM KALIMANTAN MAB.

[img] Text
Abstrak Sesaria Astriani.pdf

Download (159kB)
[img] Text
Pengesahan Sesaria.pdf

Download (58kB)
[img] Text
Pernyataan Sesaria.pdf

Download (64kB)

Abstract

Alat Pelindung Diri (APD) merupakan salah satu upaya dalam menanggulangi resiko akibat kerja. Dampak yang akan terjadi apabila pekerja tidak menggunakan APD meliputi bahaya yang mengakibatkan cidera pada kepala dan kaki apabila kejatuhan benda berat, cidera mata akibat percikan api las, tubuh dan kulit terbakar akibat api las. Peran APD pada akhirnya sangat penting digunakan. Ketidak patuhan pengunaan APD sangat mempengaruhi kejadian kecelakaan akibat kerja dan penyakit akibat kerja yang akan menyebabkan 5 jenis kerugian diantaranya yaitu kerusakan, kekacauan organisasi, keluhan dan kesedihan, kelainan, cacat serta kematian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan sikap, pengawasan dan kebijakan k3 dengan kepatuhan penggunnaan APD pada pekerja di PT. Dok & Perkapalan Kodja Bahari (Persero) Cabang Banjarmasin. Metode penelitian ini menggunakan menggunakan pendekatan Cross-Sectional (potong silang) populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh pekerja lapangan yang terdiri dari 64 orang pekerja lapangan dengan jenis pekerjaan yang berbeda-beda, yaitu seperti: bengkel mekanik, juru las, Sandblasting & Painting (pengecatan), dan sarana fasilitas. Sampel menggunakan teknik total sampling sebanyak 64 orang. Analisis data menggunakan uji chi square. Hasil penelitian kepatuhan penggunaan APD tidak patuh sebanyak 24 orang (37.5%), sikap positif berjumlah 63 orang (98.4%), pengawasan ada sebanyak 44 orang ( 68.8%), ada kebijakan sebanyak 35 orang (54.7%). Tidak ada hubungan pengawasan ( p-value = 0,542) dengan kepatuhan penggunaan APD pada pekerja PT. Dok & Perkapalan Kodja Bahari (Persero) cabang Banjarmasin. ada hubungan kebijakan K3 (p-value =0, 019). Saran pada Perusahaan dapat melakukan sosialisasi SOP, peraturan-peraturan dan kebijakan perusahaan kepada pekerja. Melakukan safety patrol setiap hari agar pengawasan pada pekerja dalam penggunaan APD lebih maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kepatuhan APD, Pekerja, Pengawasan, Kebijakan K3
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: Sesaria Astriani
Date Deposited: 15 Jan 2024 05:38
Last Modified: 15 Jan 2024 05:38
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/19261

Actions (login required)

View Item View Item