IMPLEMENTASI PROGRAM SMART VILLAGE DALAM MENINGKATKAN KOMUNIKASI PEMASARAN OBJEK WISATA DESA SANGGU (Studi Kualitatif Pada Pemerintah Desa Sanggu Kecamatan Dusun Selatan Kabupaten Barito Selatan Provinsi Kalimantan Tengah)

Lestari, Dita (2024) IMPLEMENTASI PROGRAM SMART VILLAGE DALAM MENINGKATKAN KOMUNIKASI PEMASARAN OBJEK WISATA DESA SANGGU (Studi Kualitatif Pada Pemerintah Desa Sanggu Kecamatan Dusun Selatan Kabupaten Barito Selatan Provinsi Kalimantan Tengah). Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM KALIMANTAN MAB.

[img] Text
Abstrak Dita.pdf

Download (219kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan Dita.pdf

Download (271kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan Dita.pdf

Download (203kB)

Abstract

Dita Lestari, NPM. 2009010031, 2023, Implementasi Program Smart Village Dalam Meningkatkan Komunikasi Pemasaran Objek Wisata Desa Sanggu (Studi Kualitatif Pada Pemerintah Desa Sanggu Kecamatan Dusun Selatan Kabupaten Barito Selatan Provinsi Kalimantan Tengah). Dibimbing oleh Sanusi dan Rahmi Widyanti. Konsep Smart Village merupakan sebuah konsep bagaimana suatu desa dapat menyelesaikan berbagai permasalahannya dengan cerdas. Konsep Smart Village juga harus didukung oleh beberapa komponen agar penerapannya mampu memberikan dampak positif dan maksimal. Salah satu desa wisata yang sedang dikembangkan oleh pemerintah kabupaten dan menjadi lokus untuk mewakili Kabupaten Barito Selatan adalah Desa Sanggu Kecamatan Dusun Selatan Kabupaten Barito Selatan Provinsi Kalimantan Tengah yang masuk kedalam daftar lokasi Desa Cerdas (Smart Village) di Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2023. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan interpretasi tentang bagaimana implementasi program smart village dalam upaya meningkatkan komunikasi pemasaran objek wisata di Desa Sanggu, kemudian untuk menjelaskan jenis komunikasi pemasaran yang efektif dalam meningkatkan komunikasi pemasaran objek wisata di Desa Sanggu, serta untuk memaparkan strategi pengembangan pemasaran pada objek wisata desa Sanggu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian studi kasus. Studi kasus adalah salah satu metode penelitian ilmu-ilmu sosial untuk mempelajari, menerangkan, atau menginterpretasi suatu kasus dalam konteksnya yang alamiah tanpa intervensi pihak luar. Studi kasus akan menyoroti sutau keputusan atau seperangkat keputusan, mengapa keputusan itu diambil, bagaimana ia diterapkan, dan apa hasilnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program Smart Village di desa Sanggu Kecamatan Dusun Selatan Kabupaten Barito Selatan dengan persentase masih 50%, karena masih kurangnya pengetahuan dan wawasan tentang program smart village di desa Sanggu. Komunikasi pemasaran yang efektif dan paling banyak digunakan adalah panggung hiburan, media sosial dan pemasaran dari mulut ke mulut. Strategi pengembangan pemasaran objek wisata desa Sanggu berupa terus mengadakan panggung hiburan setiap hari-hari besar, menjaga dan melestarikan lingkungan sekitar dengan melakukan penghijauan bersama masyarakat, pemerintah dan pihak swasta, mengembangkan atraksi wisata di sektor pariwisata dan melakukan promosi yang berkesinambungan melalui teknologi yang ada, memaksimalkan toko sourvenir melalui masyarakat sekitar untuk meningkatkan pendapatan, melakukan pelebaran jalan oleh pihak pemerintah dan swasta, dan meningkatkan promosi dan fasilitas pendukung.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Program Smart Village, Komunikasi Pemasaran, Strategi Pengembangan Pemasaran Wisata
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: UPT PPJ
Date Deposited: 17 Jan 2024 03:44
Last Modified: 17 Jan 2024 03:44
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/19277

Actions (login required)

View Item View Item