ANALISIS KINERJA KELURAHAN DALAM PEMBERDAYAAN KEBERSIHAN LINGKUNGAN DI KELURAHAN KUIN CERUCUK KECAMATAN BANJARMASIN BARAT KOTA BANJARMASIN

Paramita, Natasha (2024) ANALISIS KINERJA KELURAHAN DALAM PEMBERDAYAAN KEBERSIHAN LINGKUNGAN DI KELURAHAN KUIN CERUCUK KECAMATAN BANJARMASIN BARAT KOTA BANJARMASIN. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (246kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (144kB)
[img] Text
Pernyataan Keaslian.pdf

Download (134kB)

Abstract

Natasya Paramita, 19120063, “Analisis Kinerja Kelurahan Dalam Pemberdayaan Kebersihan Lingkungan diKelurahan Kuin Cerucuk Kecamatan Banjarmasin Barat Kota Banjarmasin” Dibawah Bimbingan Bapak Dr. H. M. Uhaib As’ad, M. Si sebagai pembimbing I dan ibu Noor Santi, M.AP sebagai pembimbimg II . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Kinerja Kelurahan Dalam Pemberdayaan Kebersihan Lingkungan Di Kelurahan Kuin Cerucuk Kecamatan Banjarmasin Barat Kota Banjarmasin. Metode penelitian dengan pendekatan kualitatif dan deskripsi analisis, data dikumpulkan melalui wawancara dengan pegawai Kelurahan Kuin Cerucuk dengan 4 informan dan Masyarakat Umum dengan 3 orang informan. Menggunakan Teknik Observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan Kinerja Kelurahan Kuin Cerucuk dalam pemberdayaan kebersihan Kelurahan dikatakan baik, karena Kelurahan telah melakukan kegiatan bersih bersih/ gotong royong setiap hari jumat yang melibatkan pihak kelurahan dan masyarakat dan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab dalam rangka pemberdayaan Kelurahan. Jika dilihat dari Akuntabilitas aparat yang sudah cukup baik dengan adanya komitmen dan kesungguhan aparat Kelurahan dalam melaksanakan tugas dan fungsinya dalam hal pelaksanaan program pemberdayaan Kelurahan Kuin Cerucuk. Dilihat dari Responsibilitas sudah cukup baik hal ini dapat dilihat dari kemampuan pihak Kelurahan dalam meminimalisir keluhan-keluhan yang disampaikan masyarakat. Dan responsivitas aparat Kelurahan Kuin Cerucuk cukup baik yang dilihat dari komitmen dan tindakan aparat Kelurahan yang sangat intens dalam melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar kegiatan kelestarian lingkungan hidup dapat membawa lingkungan bersih dan aman, Dengan faktor penghambat, kurangnya tingkat partisipasi masyarakat dalam melaksanakan kegiatan misalnya ketidakpedulian sebagian masyarakat dalam menjaga lingkungan yang bersih, dan aman, masyarakat yang salah beranggapan tentang tugas dan fungsi satgas kebersihan serta kesibukan masyarakat diluar rumah yang menyebabkan masyarakat tidak ikut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Pemerintah, Pemberdayaan, Kebersihan lingkungan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Natasya Paramita
Date Deposited: 19 Jan 2024 01:12
Last Modified: 19 Jan 2024 01:12
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/19329

Actions (login required)

View Item View Item