FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN HIPERTENSI PADA WANITA USIA SUBUR (15-49 TAHUN) DI WILAYAH KERJA UPTD PUSKESMAS MARTAPURA TIMUR KABUPATEN BANJAR TAHUN 2023

Pertiwi, Tiara Dahliana (2024) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN HIPERTENSI PADA WANITA USIA SUBUR (15-49 TAHUN) DI WILAYAH KERJA UPTD PUSKESMAS MARTAPURA TIMUR KABUPATEN BANJAR TAHUN 2023. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak Tiara DP.pdf

Download (80kB)
[img] Text
Pengesahan Skripsi Tiara.pdf

Download (133kB)
[img] Text
Pernyataan Keaslian Penelitian Tiara.pdf

Download (157kB)

Abstract

Hipertensi merupakan penyakit dengan banyaknya penderita, kebiasaan masyarakat yang tidak sehat ini dapat menimbulkan faktor-faktor pemicu terjadinya hipertensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor pemicu terjadinya hipertensi pada wanita usia subur dengan menggunakan desain penelitian cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh wanita usia subur di wilayah kerja UPTD Puskesmas Martapura Timur sebanyak 6.826 orang dengan jumlah sampel sebanyak 99 responden yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil uji statistik menggunakan uji chi-square menunjukkan ada hubungan dengan kejadian hipertensi yaitu konsumsi kopi (p-value = 0,009), dan aktivitas fisik menggunakan uji fisher exact (p-value = 0,010), sedangkan yang tidak ada hubungan yaitu obesitas yang di uji menggunakan chi-square (p-value = 0, 121). Disarankan bagi masyarakat untuk melakukan modifikasi kebiasaan gaya hidup untuk mencegah dan mengendalikan hipertensi supaya tidak semakin menyebar luas dan menyebakan kematian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Hipertensi, Obesitas, Konsumsi Kopi, Aktivitas Fisik
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: Tiara Dahliana Pertiwi
Date Deposited: 06 Mar 2024 05:17
Last Modified: 06 Mar 2024 05:17
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/19351

Actions (login required)

View Item View Item