HUBUNGAN POLA MAKAN DAN RIWAYAT KELUARGA DENGAN KEJADIAN HIPERTENSI PADA PRA LANSIA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS AMUNTAI SELATAN KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA

Tafasa, Nuraliefiya (2024) HUBUNGAN POLA MAKAN DAN RIWAYAT KELUARGA DENGAN KEJADIAN HIPERTENSI PADA PRA LANSIA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS AMUNTAI SELATAN KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak NURLIEFIYA.pdf

Download (44kB)
[img] Text
PENGESAHAN NURALIE.pdf

Download (636kB)
[img] Text
PERNYATAAN NURALIE.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kasus pada hipertensi saat ini posisi di peringkat keempat dalam 10 penyakit terbanyak di tahun 2022 yang memuat 8.452 kunjungan, pada kasus hipertensi pra lansia dari bulan Januari-Maret tahun 2023 berjumlah 610. Tujuan penelitian mengetahui Hubungan Pola Makan Dan Riwayat Keluarga Dengan Kejadian Hipertensi Pada Pra lansia Di Wilayah Kerja Puskesmas Amuntai Selatan Kabupaten Hulu Sungai Utara. Metode yang dilakukan penelitian berupa kuantitatif berdasarkan pendekatan cross sectional pada sampel 86 responden berdasarkan 610 populasi. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan buku register, tensimeter, wawancara dan kuesioner. Analisis univariat didapatkan bahwa kejadian hipertensi responden sebagian besar mengalami hipertensi sebesar 64 (74,4%), pola makan responden kebanyakn dengan pola makan tidak tepat sebesar 56 (65,1%), riwayat keluarga responden sebagian besar dengan ada riwayat keluarga sebesar 60 (69,8%). Analisis bivariat melakukan uji chi square yang mana memuat adanya keterkaitan pada hubungan pola makan (p-value=0,003), kemudian hubungan riwayat keluarga (p-value=0,038) pada kejadian hipertensi. Petugas kesehatan diharapkan berusaha meupayakan promotif, preventif serta intensitas yang meningkat pada penyuluhan terhadap keseluruhan masyarakat berupa yang menderita maupun sebaliknya yang mana hal tersebut dapat meningkatkan sadar tentang kekhawatiran masyarakat srta pra lansia terhadap kondisi kesehatannya yang mana rutin melaksnkan skrining / pemeriksaan dini pada tekanan darah, tu diantaranya masyarakat yang punya riawat hipertensi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Hipertensi, lansia, Pola Makan, Riwayat Keluarg
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: Nuraliefiya Tafasa
Date Deposited: 25 Jan 2024 02:15
Last Modified: 25 Jan 2024 02:15
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/19528

Actions (login required)

View Item View Item