HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN, PERSONAL HYGIENE DAN SANITASI LINGKUNGAN DENGAN KEJADIAN DIARE DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS TERMINAL KOTA BANJARMASIN TAHUN 2023

Mawarni, Rini (2024) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN, PERSONAL HYGIENE DAN SANITASI LINGKUNGAN DENGAN KEJADIAN DIARE DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS TERMINAL KOTA BANJARMASIN TAHUN 2023. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
MY ARTIKEL .pdf

Download (163kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI RINI.pdf

Download (148kB)
[img] Text
Pernyataan Keaslian Rini.pdf

Download (271kB)
[img] Text
ARTIKEL RINI MAWARNI.pdf

Download (139kB)

Abstract

Berdasarkan observasi dan wawancara peneliti di lapangan terhadap petugas pemegang program Diare Kota Banjarmasin yaitu kejadian Diare paling banyak di dapati pada kelurahan Sungai Lulut masuk dalam wilayah kerja Puskesmas Terminal kota Banjarmasin. Yaitu per tanggal 23 januari 2022 berjumlah sebanyak 5.412 kasus. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan tingkat pengetahuan, Personal Hygiene dan sanitasi lingkungan dengan kejadian Diare di wilayah kerja Puskesmas Terminal Kota Banjarmasin tahun 2023. Metode penelitian ini adalah survey analitik dengan desain Cross Sectional. Populasi dalam peneliti ini adalah seluruh kepala keluarga di RT 12 dan RT 13 Desa Murung Selong Sungai Lulut yang berjumlah 620 orang penentuan sampel menggunakan rumus slovin dan di dapatkan sebanyak 86 responden. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner dan observasi, teknik analisis data menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian didapatkan sebanyak 63 orang (73,3%) tidak diare, sebagian responden memiliki tingkat pengetahuan yang baik sebanyak 46 orang (53,5%), memiliki Personal Hygiene yang baik atau bagus sebanyak 63 orang (73,3%), memiliki sanitasi lingkungan yang baik lebih banyak yaitu berjumlah 74 orang (86,0%). Hasil uji chi-square didapatkan bahwa ada hubungan tingkat pengetahuan (p-value= 0,014), Personal Hygiene (p-value=0,003) dengan kejadian Diare di wilayah kerja Puskesmas Terminal Kota Banjarmasin. Disarankan bagi Puskesmas agar penggiatan program promosi kesehatan yang inovatif seperti mengetahui cara mengatasi Diare di rumah, untuk meningkatkan pengetahuan dan personal hygiene dalam pencegahan Diare.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Personal Hygiene, Sanitasi Lingkungan
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Depositing User: Rini Mawarni
Date Deposited: 04 Mar 2024 03:01
Last Modified: 04 Mar 2024 03:01
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/19541

Actions (login required)

View Item View Item