EFEKTIVITAS SISTEM LAYANAN PEMBUATAN SURAT IZIN MENGEMUDI (SIM) BERBASIS ONLINE MELALUI SINAR (SIM NASIONAL PRESISI) DI SATUAN PENYELENGARA ADMINISTRASI SIM DITLANTAS POLDA KALIMANTAN SELATAN

Damayanti, Nadia (2024) EFEKTIVITAS SISTEM LAYANAN PEMBUATAN SURAT IZIN MENGEMUDI (SIM) BERBASIS ONLINE MELALUI SINAR (SIM NASIONAL PRESISI) DI SATUAN PENYELENGARA ADMINISTRASI SIM DITLANTAS POLDA KALIMANTAN SELATAN. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak Nadia Damayanti.pdf

Download (191kB)
[img] Text
Pengesahan Nadia.pdf

Download (245kB)
[img] Text
Pernyatan Keaslian Nadia.pdf

Download (228kB)

Abstract

Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui Efektivitas Sistem layanan Pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) Berbasis Online Melalui SINAR (SIM Nasional Presisi) di Satuan Penyelenggara Administrasi SIM Ditlantas Polda Kalimantan Selatan dan untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambatnya. Metode Penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data yang dikumpulkan dengan melakukan observasi langsung ke tempat penelitian, melakukan wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah kepala satuan lalu lintas, petugas satuan penyelenggara administrasi SIM Ditlantas Polda Kalimantan Selatan, dan Masyarakat. Analisis data menggunakan Model Miles dan Huberman, analisis data kualitatif dilakukan pada saat pengumpulan data berlangsung, dan setelah selesai data pengumpulan data dalam periode tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mengetahui Efektivitas Sistem layanan Pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) Berbasis Online Melalui SINAR yang dilihat dari proses sudah efektif karena sudah banyak pengguna yang menggunakan sistem layanan pembuatan SIM online melalui SINAR. Faktor pendukung : (1) Faktor Waktu, (2) Faktor Kecermatan (3) Faktor Gaya Pemberi Pelayanan dan Faktor Penghambat : (1) Faktor informasi (2) Faktor Jaringan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Layanan, Surat Izin Mengemudi (SIM)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: UPT PPJ
Date Deposited: 24 Jan 2024 05:17
Last Modified: 24 Jan 2024 05:17
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/19562

Actions (login required)

View Item View Item