ANALISIS PROSEDUR PEMBUATAN INVOICE SEBAGAI SARANA PENAGIHAN PIUTANG (Studi Pada PT. Sembagi Arutalaksata Energi Transport)

Fikri, Muhammad (2024) ANALISIS PROSEDUR PEMBUATAN INVOICE SEBAGAI SARANA PENAGIHAN PIUTANG (Studi Pada PT. Sembagi Arutalaksata Energi Transport). Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (101kB)
[img] Text
keaslian_1 (1).pdf

Download (82kB)
[img] Text
lembar pengesahan_2.pdf

Download (124kB)

Abstract

Faktur penjualan atau invoice merupakan bukti penjualan barang dan jasa yang umumnya digunakan oleh pihak yang menjual barang. Pembuatan invoice memiliki peran yang sangat penting dalam mendorong kegiatan perkantoran karena dengan dicetaknya invoice dapat berfungsi sebagai bukti pengeluaran barang, bukti penyerahan barang, sebagai bukti tagihan, sebagai bukti arsip jika suatu saat ada pemeriksaan, dan sebagai bukti dari pengembalian barang. Untuk mendapatkan pembuatan invoice yang baik juga diperlukan prosedur yang baik. Dengan prosedur yang baik, maka proses pembuatan invoice akan dapat dilakukan dengan sebaik mungkin. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan Prosedur Pembuatan Invoice sebagai sarana Penagihan Piutang Pada PT Sembagi Arutalaksata Energi Transport. Pelaksanaan observasi ini menggunakan jenis observasi deskriptif kualitatif, yaitu metode observasi yang memberikan gambaran atau menggambarkan Prosedur Pembuatan invoice dalam bentuk kalimat dan berdasarkan fakta. Sumber data diperoleh berdasarkan informasi, peristiwa atau kegiatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi langsung dan wawancara. Hasil observasi dan wawancara prosedur pembuatan invoice meliputi pengambilan DN (Delivery Note) dari Driver, pengecekan DN (Delivery Note) oleh Adm. Mencocokkan dokumen billing, proses pencetakan invoice oleh Adm Invoicing, Adm. Invoicing melakukan proses Billing, pengajuan billing dokumen dari Adm. Jika prosedur dilakukan dengan baik maka proses pembuatan invoice akan berjalan dengan lancar dan tidak ada kendala. Dari hasil observasi tersebut, penulis menyimpulkan bahwa prosedur pembuatan invoice sudah berjalan dengan baik dan dilaksanakan dengan kerjasama yang baik oleh pegawai yang bersangkutan. Namun masih terdapat kendala yaitu mengenai keterlambatan penyetoran DN (Delivery Note) ke Adm Invoicing dikarenakan Bukti Penerimaan Barang. tidak dapat dicetak sehingga menyebabkan proses pembuatan invoice terhambat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Faktur penjualan (invoice),prosedur,penagihan piutang
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Depositing User: Muhammad Fikri
Date Deposited: 25 Jan 2024 03:15
Last Modified: 25 Jan 2024 03:15
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/19570

Actions (login required)

View Item View Item