ANALISIS RESIKO KESELAMATAN KERJA DENGAN METODE HIRARC PADA PEKERJAAN JEMBATAN DI PROYEK PRESERVASI JALAN SP. HANDIL BAKTI (SP. SERAPAT) - KM 17 (BY PASS BANJARMASIN)

Sayuti, Akhmad (2024) ANALISIS RESIKO KESELAMATAN KERJA DENGAN METODE HIRARC PADA PEKERJAAN JEMBATAN DI PROYEK PRESERVASI JALAN SP. HANDIL BAKTI (SP. SERAPAT) - KM 17 (BY PASS BANJARMASIN). Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (292kB)
[img] Text
5_6161240180792495147.pdf

Download (163kB)
[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (203kB)

Abstract

Proyek Preservasi adalah Kegiatan penanganan untuk mempertahankan kondisi agar tetap optimal. Pekerjan Proyek Preservasi Jalan Sp. Handil Bakti (Sp. Serapat) Km. 17 (Banjarmasin) banyak menggunakan alat berat dan pengguna jalan lewat terganggu, maka perlu dilakukan analisis secara detail tentang risiko K3 dan pengendaliannya pada Pekerjaan Jembatan diproyek ini dengan Metode HIRARC. Ada dua jenis penelitian yang dilakukan, yaitu: Studi Kepustakaan untuk referensi analisa resiko K3 pada proyek dan Studi Lapangan untuk membuat daftar bahaya dengan metode cheklist, kemudian diberi nilai oleh staf ahli K3 dari kontraktor dan konsultan yang mudah dan terlibat langsung dengan pelaksanaan keselamatan dan kesehatan kerja diproyek ini. Hasil Metode HIRARC dari Pekerjaan Jembatan Proyek Preservasi Jalan Sp. Handil Bakti (Sp. Serapat) – Km 17 (By Pass Banjarmasin), diketahui bahwa ada 28% (7 item) pekerjaan yang memiliki kategori extreme high risk (resiko sangat tinggi), ada 53% (13 item) pekerjaan yang memiliki kategori high risk (resiko tinggi) dan ada 20% (5 item) pekerjaaan memiliki kategori risiko sedang (resiko sedang). Setelah dilakukan pengendalian risiko, terjadi penurunan tingkat risiko. Terdapat 56% (14 item) pekerjaaan yang memiliki kategori risiko sedang (resiko sedang), dan 44% (11 item) pekerjaan yang memiliki kategori risiko rendah (resiko rendah). Pengendalian resiko pada proyek preservasi ini dapat dilakukan dengan kerjasama kontraktor,konsultan dan pihak dinas perhubungan agar tidak terjadi kemacetan saat pekerjaan berlangsung serta memberi himbauan untuk mematuhi prosedur K3 pada para pekerja agar tidak terjadi kecelakaan saat pekerjaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pekerjaan Jembatan, Risiko K3, Metode Hirarc
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Depositing User: Akhmad Sayuti
Date Deposited: 25 Jan 2024 02:23
Last Modified: 25 Jan 2024 02:23
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/19576

Actions (login required)

View Item View Item