IMPLEMENTASI METODE LEAST SQUARE DALAM MEMPREDIKSI TINGKAT PENJUALAN SEPEDA MOTOR DI DEALER HONDA SURYA MOTOR LANDASAN ULIN

Apriliani, Regina Sarah (2024) IMPLEMENTASI METODE LEAST SQUARE DALAM MEMPREDIKSI TINGKAT PENJUALAN SEPEDA MOTOR DI DEALER HONDA SURYA MOTOR LANDASAN ULIN. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (94kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (86kB)
[img] Text
Pdf abstrak.pdf

Download (123kB)

Abstract

Dealer Honda Surya Motor Landasan Ulin merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang kendaraan bermotor, melayani segala hal yang berkaitan dengan pembelian, pembayaran, kepengurusan surat-surat kendaraan, hingga perawatan unit sepeda motor merek Honda. Di dalam menentukan target penjualan, Dealer Honda Surya Motor Landasan Ulin menentukan target penjualan hanya berdasar pada penjualan sebelumnya, tanpa adanya metode perhitungan yang tetap. Tujuan dari penelitian ini yaitu dapat menemukan metode perhitungan yang pas, sehingga dapat digunakan untuk menentukan target penjualan periode selanjutnya. Sampel yang diteliti adalah penjualan sepeda motor jenis matic bulan Oktober, November, dan Desember periode tahun 2022, dengan menggunakan acuan data aktual penjualan perusahaan sebagai perbandingan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Metode Least Square dapat diimplementasikan sebagai perhitungan tetap untuk menentukan target penjualan di Dealer Honda Surya Motor Landasan Ulin, dengan nilai rata-rata MAPE sebesar 5,3% atau nilai akurasi sebesar 94,7%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Prediksi Penjualan, Least Square
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Depositing User: Regina Sarah Apriliani
Date Deposited: 12 Feb 2024 02:57
Last Modified: 12 Feb 2024 02:57
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/19716

Actions (login required)

View Item View Item