Hubungan Masa Kerja Dan Beban Kerja Dengan Kelelahan Kerja pada Pekerja Mekanik Tambang d i PT. Putra Sandaga Karya Utama Tahun 2023

Situmorang, Fanny Novita (2024) Hubungan Masa Kerja Dan Beban Kerja Dengan Kelelahan Kerja pada Pekerja Mekanik Tambang d i PT. Putra Sandaga Karya Utama Tahun 2023. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Fanny Novita Situmorang - Artikel (ABSTRAK + DAPUS).pdf

Download (111kB)
[img] Text
PENGESAHAN FANNY.pdf

Download (157kB)
[img] Text
PERNYATAAN FANNY.pdf

Download (247kB)

Abstract

PT. Putra Sandaga Karya Utama merupakan perusahaan tambang batu bara yang ada di daerah Hulu Sungai Selatan sebagian pekerja di PT. Putra Sandaga Karya Utama sering mengalami keluhan beban kerja, yakni pekerjaan yang harus segera diselesaikan dalam waktu singkat, mempunyai tingkat kesusahan yang tinggi, dan selalu datang mendada k. Kelelahan kerja merupakan keadaan yang disertai dengan penurunan ketahanan dan efisiensi dari fisik, mata, syaraf, ini merupakan sumber utama yang diserang pada saat kelelahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan masa kerja dan beban kerja dengan kelelahan kerja pada pekerja lapangan di PT. Putra Sandaga Karya Utama Tahun 2023. Je nis penelitian ini adalah survei analitik dengan pendekatan cross secsional . Populasi pada penelitian ini adalah semua pekerja yang berjumlah 53 orang di PT. Putra Sandaga Karya Utama. Sampel yang di ambil sebanyak 53 orang menggunakan metode total sampling . Uji statistik menggunakan uji alternatif kolmogorov smirnov . Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara beban kerj a ( p value = 1 ,0 0 0) dengan kelelahan kerja. T erdapat hubungan yang signifikan antara masa kerja ( p value = 1 000 ) dengan kelelahan kerja di PT. Putra Sandaga Karya Utama Tahun 2023. Disarankan kepada p erusahaan untuk melakukan evaluasi menyeluruh terhadap beban kerja yang diberikan kepada pekerja mekanik tambang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: beban kerja, kelelahan kerja, dan masa kerja
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: Fanny Novita Situmorang
Date Deposited: 12 Feb 2024 05:42
Last Modified: 12 Feb 2024 05:42
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/19809

Actions (login required)

View Item View Item