STRATEGI PENGELOLAAN PASAR TRADISIONAL MARABAHAN BARITO KUALA MENGHADAPI KEBERADAAN MINI MARKET (ANALISIS ETIKA BISNIS DALAM ISLAM)

SAHLIA, SAHLIA (2024) STRATEGI PENGELOLAAN PASAR TRADISIONAL MARABAHAN BARITO KUALA MENGHADAPI KEBERADAAN MINI MARKET (ANALISIS ETIKA BISNIS DALAM ISLAM). Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak Shalia.pdf

Download (112kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan Sahlia.pdf

Download (167kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan Sahlia.pdf

Download (118kB)

Abstract

Penelitian ini dilatakbelakangi kehadiran pasar moderen pada awalnya tidak mengancam pasar tradisional, pasar moderen yang menyasar konsumen dari kalangan menengah keatas, saat itu lebih menjadi alternative dari pasar tradisional yang identik dengan kondisi pasar yang kumuh, dengan tampilan dan kualitas yang buruk, serta harga jual rendah dan system tawar menawar konvensional. Strategi pengelolaan Pasar adalah upaya terpadu untuk menata dan membina keberadaan pasar yang meliputi kebijakan perencanaan, perizinan, penataan, pemanfaatan, pengembangan, pengendalian, pemeliharaan, pengawasan, pembinaan dan evaluasi serta penegakan hukum. Namun sehubungan dengan adanya keberadaan pasar moderen ini membuat pasar tradisional merasa di rugikan. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu Untuk mengetahui perkembangan pasar tradisional terhadap keberadaan pasar moderen, strategi apa yang digunakan dalam mengelolaan pasar dan untuk mengetahui bagaimana tanggapan pasar tradisional mengenai adanya pasar moderen yang ada disekitar. Sedangkan metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, data yang di dapat dari penelitian ini berupa observasi, wawancara dan dokomentasi. Hasil dari penelitian ini adalah strategi pengelolaan pasar tradisional menghadapi pasar moderen telah memenuhi standar ruang lingkup pemasaran yang baik secara pandangan islam. Hasil penelitian yang diperoleh adalah Dampak keberadaan pasar modern terhadap pedagang pasar tradisional mungkin tidak secara jelas, sebab ada juga beberapa penyebab lain turunnya kinerja usaha pasar tradisional. Misalnya karena Pedagang Kaki Lima (PKL), keberadaan pasar yang kurang nyaman, turunnya daya beli masyarakat akibat krisis, dan penyebab lain. Pengembangan pusat pembelanjaan memiliki pengaruh terhadap kemajuan perekonomian Kabupaten dan Kota.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi pengelolaan pasar, Pasar tradisional, Pasar moderen, etika bisnis dalam islam, Marabahan Barito Kuala.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: UPT PPJ
Date Deposited: 23 Feb 2024 01:22
Last Modified: 23 Feb 2024 01:22
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/19819

Actions (login required)

View Item View Item