PEMBERDAYAAN DAN PENINGKATAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI IDE DAN INOVASI BARU PRODUK DARI BAHAN DASAR PURUN UNTUK IBU-IBU DI KAMPUNG PURUN KELURAHAN PALM BANJARBARU

Periyadi, Periyadi PEMBERDAYAAN DAN PENINGKATAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI IDE DAN INOVASI BARU PRODUK DARI BAHAN DASAR PURUN UNTUK IBU-IBU DI KAMPUNG PURUN KELURAHAN PALM BANJARBARU. Repositori Uniska MAB. (Unpublished)

[img] Text
LAPORAN HASIL PENGABDIAN.docx

Download (626kB)

Abstract

Desa Palm adalah salah satu wilayah di Kecamatan Palam, Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan yang dapat ditempuh melalui jarak darat sekitar 5 km dari Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarbaru. Sumber mata pencaharian penduduk desa tersebut yaitu di bidang kerajinan tangan. Purun merupakan sejenis tumbuhan liar yang tumbuh dilahan rawa-rawa. Purun banyak terdapat di wilayah rawa Kalimantan Selatan. Pada musim kemarau purun sangat mudah terbakar dan menimbulkan banyak asap yang menganggu kesehatan, lalu lintas bahkan penerbangan.Purun dapat diolah menjadi beragam kerajinan anyaman yang menarik seperti tikar, sandal, tas tangan dan sebagainya. Salah satu desa yang menjadi sentra kerajinan purun ini adalah Desa Palam. Masyarakat Desa Palam secara turun temurun sudah mengenal kerajinan dari bahan purun ini yang pada umumnya dibuat untuk dijadikan tikar dengan berbagai motif.

Item Type: Other
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Periyadi
Date Deposited: 03 Feb 2024 05:25
Last Modified: 03 Feb 2024 05:25
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/19904

Actions (login required)

View Item View Item