HUBUNGAN PENGETAHUAN, STATUS GIZI DAN AKTIVITAS FISIK TERHADAP KEJADIAN DISMENOREA PADA REMAJA PUTRI KELAS X DAN XI DI SMAN9 BARABAI TAHUN 2023

Khairina, Aida (2024) HUBUNGAN PENGETAHUAN, STATUS GIZI DAN AKTIVITAS FISIK TERHADAP KEJADIAN DISMENOREA PADA REMAJA PUTRI KELAS X DAN XI DI SMAN9 BARABAI TAHUN 2023. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
artikel aida.pdf

Download (52kB)
[img] Text
CamScanner 02-02-2024 20.47.pdf

Download (142kB)
[img] Text
Lembar Keaslian AIDA.pdf

Download (474kB)

Abstract

Salah satu gangguan Kesehatan reproduksi remaja putri adalah Dismenore atau yang biasa disebut nyeri haid merupakan keluhan yang sangat sering dialami remaja putri tepatnya dibagian perut bagian bawah,dismenore banyak dialami orang remaja putri merupakan penyakit yang sudah cukup lama dikenal, nyeri tersebut bisa disertai, mual, muntah, diare, berkeringat dingin dan pusing hal tersebut membuat aktivitas sehari-hari terganggu seperti saat bersekolah menurunkan produktivitas para siswi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Pengetahuan, Status Gizi dan Aktivitas Fisik Terhadap Kejadian Dismenore Pada Remaja Putri Kelas X dan XI di SMAN 9 Barabai . Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bersifat analisis dengan menggunakan rancangan Cross Sectional. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 responden remaja putri. Uji statistik menggunakan uji chi-square, hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara pengetahuan dengan kejadian dismenore (0,018), ada hubungan antara status gizi dengan kejadian dismenore (0,000), dan ada hubungan antara aktivitas fisik dengan kejadian dismenore (0,000). Diharapkan pihak sekolah untuk bekerjasama dengan instansi kesehatan untuk memberikan penyuluhan kepada remaja putri untuk mengatasi kejadian dismenore.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kejadian Dismenore, Pengetahuan, Status Gizi, Aktivitas Fisik
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Depositing User: Aida Khairina
Date Deposited: 19 Feb 2024 01:54
Last Modified: 19 Feb 2024 01:54
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/19943

Actions (login required)

View Item View Item