HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN MASA KERJA PERAWAT DENGAN PENERAPAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) KESELAMATAN PASIEN DI BLUD RSUD Dr. H. SOEMARNO SOSROATMODJO KUALA KAPUAS TAHUN 2022

Putri, Yeusy Epriliani Utami (2024) HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN MASA KERJA PERAWAT DENGAN PENERAPAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) KESELAMATAN PASIEN DI BLUD RSUD Dr. H. SOEMARNO SOSROATMODJO KUALA KAPUAS TAHUN 2022. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (120kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (217kB)
[img] Text
LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (299kB)

Abstract

Menurut laporan bulanan di januari 2022 terdapat kejadian kesalahan cara pemberian obat pentolin yang sesuai instruksi dilakukan inhalasi uap menggunakan nebulizer tetapi dalam pelaksanaannya diberikan melalui oral. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan pengetahuan,sikap dan masa kerja perawat dengan penerapan standar operasional prosedur (SOP) keselamatan pasien di BLUD RSUD Dr.H.Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas tahun 2022. Metode penelitian menggunakan survei analitik dengan cross sectional. Menggunakan teknik total sampling (jenuh) yaitu seluruh perawat berjumlah 50 orang. Intrumen menggunakan kuesioner. Teknik analisa data menggunakan uji Chi Square. Hasil penelitian terdapat 6 responden atau 12% kurang dalam melakukan penerapan SOP keselamatan pasien, terdapat 4 responden atau 8% memiliki tingkat pengetahuan yang kurang, 9 responden atau 18% memiliki sikap yang negatif terhadap penerapan SOP keselamatan pasien, 23 responden atau 46% dengan masa kerja baru < 5 tahun. Adanya hubungan pengetahuan perawat dengan penerapan SOP keselamatan pasien dengan p-value=0,000. Adanya hubungan sikap perawat dengan penerapan SOP keselamatan pasien dengan p-value=0,000. Adanya hubungan masa kerja perawat dengan penerapan SOP keselamatan pasien dengan p-value=0,007. Bagi peneliti selanjutnya yang ingin melakukan penelitian masalah yang sama, disarankan agar meneliti variabel lain yang berhubungan (seperti : budaya keselamatan pasien, manajer/kepemimpinan,komunikasi efektif,dll) atau dengan menggali informasi yang lebih mendalam yaitu dengan menggunakan metode penelitian kualitatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pengetahuan, sikap, masa kerja, penerapan standar keselamatan pasien
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Depositing User: Widhy Ayu Ningsih
Date Deposited: 09 Mar 2024 04:23
Last Modified: 09 Mar 2024 04:23
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/20204

Actions (login required)

View Item View Item