APLIKASI PENERTIBAN PEMAKAIAN TENAGA LISTRIK DAN PENGENDALIAN PIUTANG PADA PT PLN (PERSERO) UNIT LAYANAN PELANGGAN BANJARBARU

FAHMI, HAFIZHOL (2024) APLIKASI PENERTIBAN PEMAKAIAN TENAGA LISTRIK DAN PENGENDALIAN PIUTANG PADA PT PLN (PERSERO) UNIT LAYANAN PELANGGAN BANJARBARU. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Artikel Hafizhol Fahmi (19630044) Repo.pdf

Download (204kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI Hafizhol Fahmi (19630044).pdf

Download (126kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan Keaslian Skripsi Hafizhol Fahmi (19630044).pdf

Download (281kB)

Abstract

PT PLN (Persero) Unit Layanan Pelanggan (ULP) Banjarbaru adalah kantor PLN yang berhubungan langsung dengan pelanggan, pada kantor ini terdapat bagian Penertiban Pemakaian Tenaga Listrik (P2TL). P2TL memiliki peran sebagai penjaga jaringan listrik milik PLN dari pencurian listrik dan memberikan sanksi ke pelanggan yang melakukan kecurangan atau pencurian tersebut., terdapat beberapa permasalahan yang berhubungan dengan efisiensi terutama waktu karena belum terkomputerisasi dengan baik yang mana hal ini dapat menimbulkan kendala pada proses P2TL, salah satu permasalahan yang ditemui seperti hasil pemeriksaan listrik pelanggan yang bersih dari kecurangan masih menggunakan kertas (Form Periksa Baik). Perancangan Aplikasi ini akan dilakukan dalam beberapa tahapan dengan menggunakan metode air terjun (waterfall) seperti menganalisis, perancangan desain, pemrograman unit unit kecil, pemrograman untuk menyatukan unit-unit kecil sebelumnya dan dilakukan pengetesan serta pemeliharaan sistem. Pengumpulan data menggunakan beberapa metode seperti observasi, interview, studi pustaka dan studi lapangan. Hasil yang dicapai diharapkan akan mempermudah kinerja staf admin serta petugas dalam melakukan pemeriksaan dan pengumpulan data Periksa Baik serta Temuan P2TL yang akan lebih baik daripada sebelumnya serta diharapkan meningkatnya efisiensi serta keakuratan dalam pemrosesan data yang dilaporkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi, Penertiban, Pemakaian Listrik, Segel
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TS Manufactures
Depositing User: Hafizhol Fahmi
Date Deposited: 17 Feb 2024 01:07
Last Modified: 17 Feb 2024 01:07
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/20289

Actions (login required)

View Item View Item