HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU, PENDAPATAN KELUARGA DAN POLA MAKAN BALITA DENGAN STATUS GIZI BALITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ALALAK SELATAN TAHUN 2023

Astuti, Annisa Puji (2024) HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU, PENDAPATAN KELUARGA DAN POLA MAKAN BALITA DENGAN STATUS GIZI BALITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ALALAK SELATAN TAHUN 2023. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ABSTRAK Annisa Puji Astuti.pdf

Download (51kB)
[img] Text
Pengesahan_Annisa.pdf

Download (64kB)
[img] Text
Keaslian Penelitian_Annisa.pdf

Download (85kB)

Abstract

Berdasarkan data laporan tahunan Puskesmas Alalak Selatan pada tahun 2023, jumlah balita sebanyak 3.909 balita, pada periode Januari-Maret, jumlah balita yang mengalami gizi kurang sebanyak 135 balita dengan catatan jumlah kasus tersebut merupakan total komulatif kasus lama yang kembali dan kasus baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan ibu, pendapatan keluarga dan pola makan balita dengan status gizi balita di wilayah kerja Puskesmas Alalak Selatan tahun 2023. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan desain penelitian adalah Survey Analitik dengan pendekatan Cross Sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan Accidental Sampling dengan jumlah sampel 98 responden menggunakan kuesioner. Hasil analisis univariat menunjukkan bahwa dari 98 balita, sebagian besar berstatus gizi baik yaitu sebanyak 52 balita (53,1%), berstatus gizi kurang sebanyak 44 balita (44,9%), dan berstatus gizi lebih sebanyak 2 balita (2,0%). Hasil analisis bivariat menggunakan uji Chi-Square menunjukkan bahwa ada hubungan antara pengetahuan ibu (p- value=0,000), pendapatan keluarga (p-value=0,003) dan pola makan balita (p-value=0,000) dengan status gizi balita di wilayah kerja Puskesmas Alalak Selatan tahun 2023. Diharapkan Puskesmas Alalak Selatan dapat melakukan kerja sama dalam lintas program, mengaktifkan kader serta melakukan penyuluhan atau konseling ke ibu balita untuk meningkatkan pengetahuan ibu tentang kesehatan khususnya status gizi balita serta lebih memperhatikan pola makan balitanya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Balita, Pendapatan Keluarga, Pengetahuan, Pola Makan, Status Gizi
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: Annisa Puji Astuti
Date Deposited: 20 Feb 2024 02:54
Last Modified: 20 Feb 2024 02:54
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/20315

Actions (login required)

View Item View Item