APLIKASI PENGELOLAAN DATA WARGA DAN PENERBITAN SURAT REKOMENDASI PADA PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN TANAH BUMBU

Khairunnisa, Jossy Sonia (2024) APLIKASI PENGELOLAAN DATA WARGA DAN PENERBITAN SURAT REKOMENDASI PADA PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN TANAH BUMBU. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (116kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (89kB)
[img] Text
Abstrak Jossy.pdf

Download (24kB)

Abstract

Pelayanan Terpadu Satu Pintu adalah kegiatan penyelenggaraan suatu perizinan dan nonperizinan yang mendapat pendelegasian wewenang dari instansi yang memiliki kewenangan yang proses pengelolaannya dimulai dari tahap permohonan sampai dengan tahap terbitnya dokumen yang dilakukan dalam satu tempat. Pelayanan Terpadu Satu Pintu pada Kementerian Agama Kabupaten Tanah Bumbu masih menggunakan proses manual dalam penerbitan surat menyurat rekomendasi dalam segala keperluan baik itu rekomendasi haji/umrah, pendirian masjid/mushalla, serta pindah sekolah/madrasah. Maka dari itu, diperlukan suatu sistem yang terkomputerisasi agar kegiatan administratif dalam pembuatan surat dan rekomendasi yang dilakukan di kantor menterian Agama Kabupaten Tanah Bumbu bisa lebih efisien dan pengolahan datanya menjadi lebih mudah. Hal ini akan membuat kinerja menjadi lebih efisien dan efektif. Dalam pembuatan aplikasi ini, bahasa pemrograman yang digunakan adalah HTML, CSS dengan framework Bootstrap, JavaScript untuk pengolahan grafik data, PHP dengan framework CodeIgniter, serta untuk kebutuhan manajemen basis data menggunakan MySQL. Selanjutnya, diharapkan penelitian dikembangkan untuk platform lain agar aplikasi bisa diakses dengan lebih fleksibel.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Surat Menyurat, Penerbitan Surat, Surat Rekomendasi, MySQL, PHP, CodeIgniter
Subjects: Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Depositing User: UPT PPJ
Date Deposited: 20 Feb 2024 05:20
Last Modified: 20 Feb 2024 05:20
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/20317

Actions (login required)

View Item View Item