HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU, POLA ASUH DAN PENDAPATAN KEPALA KELUARGA DENGAN KEJADIAN STUNTING PADA BALITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ANJIR PASAR TAHUN 2023

Fitri, Aulia (2024) HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU, POLA ASUH DAN PENDAPATAN KEPALA KELUARGA DENGAN KEJADIAN STUNTING PADA BALITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ANJIR PASAR TAHUN 2023. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak Aulia Fitri.pdf

Download (150kB)
[img] Text
Pengesahan Aulia.pdf

Download (269kB)
[img] Text
Pernytaan Aulia.pdf

Download (313kB)

Abstract

Menurut informasi dari Puskesmas Anjir Pasar, terdapat peningkatan kasus stunting di kalangan balita, dari 35 kasus pada tahun 2021 menjadi 50 kasus pada tahun 2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi korelasi antara pengetahuan yang dimiliki oleh ibu, pola asuh dan pendapatan kepala keluarga dengan kejadian stunting terhadap balita di Wilayah Kerja Puskesmas Anjir Pasar Tahun 2023. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan desain Survey Analitik dengan metode Cross Sectional sebagai pendekatannya. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Accidental sampling dengan sampel sebanyak 93 reponden menggunakan alat bantu kuesioner. Analisis data yang dilakukan yaitu menggunakan analisis bivariat dengan uji Chi-square. Dari hasil penelitian yang menggunakan pendekatan univariat, ditemukan bahwa mayoritas balita, yaitu 53 balita (57,0%), tidak mengalami stunting. Diketahui pula bahwa 31 responden (33,3%) memiliki pengetahuan yang baik mengenai topik ini, 49 responden (52,7%) menerapkan pola asuh yang tepat, dan 56 responden (39,8%) berada dalam kelompok dengan pendapatan rendah. Hasil analisis dengan penggunaan uji Chi-square menampilkan jika ada hubungan antara pengetahuan (p-value = 0,000), pola asuh (p-value = 0,000) dengan kejadian stunting pada balita dan tidak ada hubungan antara pendapatan kepala keluarga (p-value = 0,696) dengan kejadian stunting terhadap balita. Puskesmas memiliki kesempatan untuk menyusun program preventif terhadap stunting oleh balita dengan memperkuat edukasi mengenai isu stunting, sementara itu, para responden diharapkan secara teratur mengawasi perkembangan balita mereka.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Stunting; Pengetahuan Ibu; Pola Asuh; Pendapatan Kepala Keluarga
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: Aulia Fitri
Date Deposited: 25 Apr 2024 03:36
Last Modified: 25 Apr 2024 03:36
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/20318

Actions (login required)

View Item View Item