ANALISIS PERLAKUAN PENDINGINAN PENGECORAN LOGAM TERHADAP KEKERASAN KUALITAS PRODUK HANDLE REM BERBAHAN ALUMINIUM KAMPAS REM BEKAS

Fitriadi, M.Fajar (2024) ANALISIS PERLAKUAN PENDINGINAN PENGECORAN LOGAM TERHADAP KEKERASAN KUALITAS PRODUK HANDLE REM BERBAHAN ALUMINIUM KAMPAS REM BEKAS. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ABSTRAK M. FAJAR (1).pdf

Download (190kB)
[img] Text
PENGESAHAN M. FAJAR.pdf

Download (177kB)
[img] Text
Pernyataan M. FAJAR.pdf

Download (117kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui variasi kekuatan pengecoran handle rem menggunakan media pendingin air radiator, untuk mengetahui variasi kekuatan pengecoran handle rem menggunakan media pendingin oli, untuk mengetahui variasi kekuatan handle rem standart pabrikan. Metode penelitian ini menggunakan pengujian brinell pada produk handle rem dengan media pendinginan oli dan air radiator. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk standard pabrikan memiliki nilai 38,8 HB sedangkan media oli mempunyai nilai kekerasan 48,2 HB dan media air radiator mempunyai nilai kekerasan 46 HB. Nilai kekerasan dengan media pendinginan oli lebih tinggi dari pada media pendinginan air radiator karena media pendinginan oli mempunyai daya pendinginan yang cepat untuk menurunkan suhu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Aluminium, Handle rem, Uji Brinell
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Depositing User: M.fajar Fitriadi
Date Deposited: 19 Feb 2024 05:37
Last Modified: 19 Feb 2024 05:37
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/20360

Actions (login required)

View Item View Item