IMPLEMENTASI PROGRAM UNGGULAN BOARDING SCHOOL UNTUK MELATIH KEMANDIRIAN SISWA DI SD TAHFIDZ BILINGUAL DARUL QUR’AN ISTIQOMAH PELAIHARI

Amilia, Risda (2024) IMPLEMENTASI PROGRAM UNGGULAN BOARDING SCHOOL UNTUK MELATIH KEMANDIRIAN SISWA DI SD TAHFIDZ BILINGUAL DARUL QUR’AN ISTIQOMAH PELAIHARI. Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM KALIMANTAN MAB.

[img] Text
ABSTRAK Skripsi Risda Amilia.pdf

Download (240kB)
[img] Text
lembar pengesahan skripsi RISDA.pdf

Download (119kB)
[img] Text
Pernyataan keaslian skripsi RISDA.pdf

Download (91kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi program unggulan boarding school untuk melatih kemandirian siswa di SD Tahfidz Bilingual Darul Qur’an Istiqomah Pelaihari serta faktor pendukung dan penghambat program unggulan boarding school untuk melatih kemandirian siswa di SD Tahfidz Bilingual Darul Qur’an Istiqomah Pelaihari. Penelitian ini merupakan Penelitian kualitatif jenis Studi kasus atau case study adalah bagian dari metode kualitatif yang hendak mendalami suatu kasus tertentu secara lebih mendalam dengan melibatkan pengumpulan beraneka sumber informasi. Objek dalam penelitian adalah implementasi program unggulan boarding school untuk melatih kemandirian siswa, sedangkan yang menjadi subjek penelitiannya adalah Kepala Sekolah, 5 orang guru pengurus pondok, 2 orang tua siswa dan 3 orang siswi kelas 6 SD Tahfidz Bilingual Darul Qur’an Istiqomah Pelaihari. Pengumpulan data dalam penelitian ini diambil dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah terkumpulnya data selanjutnya dianalisis melalui reduksi data, penyajian data (display data), dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil Penelitian menunjukan bahwa implementasi program unggulan boarding school untuk melatih kemandirian siswa yaitu Pelaksanaan boarding school ini berdasarkan atas kegiatan dan jadwal piket yang ada di asrama seperti kegiatan sehari- hari siswa dan kegiatan belajar yang ada diasrama. Faktor pendukung yaitu diri sendiri keinginan sendiri, Faktor Eksogen yaitu faktor orang tua dan guru, yaitu guru dan orang tua sangat berantusias dalam memberikan motivasi dan dukungan untuk siswa. Sedangkan Faktor penghambatnya yaitu Faktor Endogen, diri sendiri yaitu tumbuhnya rasa malas menyebabkan siswa menjadi kurangnya kemandirian dalam diri sendiri merasa selalu ingin diperintahkan sehingga kurangya kesadaran diri. Faktor orang tua, yaitu sikap orang tua yang sering memanjakan anaknya atau selalu ikut campur masalah yang ada diasrama akan membawa anak menjadi sikap yang manja serta tidak bisa mandiri. Faktor lingkungan, siswa tidak cocok dengan teman dan sikap teman yang membawa dampak negatif terhadap kemandirian siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Program Unggulan, Boarding School, Kemandirian
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: UPT PPJ
Date Deposited: 29 Feb 2024 03:41
Last Modified: 29 Feb 2024 03:41
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/20401

Actions (login required)

View Item View Item