GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DALAM MEMOTIVASI KINERJA GURU (STUDI KASUS PADA SDN DANDA JAYA 3 BARITO KUALA)

Abdi, Suriya (2024) GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DALAM MEMOTIVASI KINERJA GURU (STUDI KASUS PADA SDN DANDA JAYA 3 BARITO KUALA). Masters thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
1. PDF ABSTRAK.pdf

Download (92kB)
[img] Text
2. LEGALITAS TESIS.pdf

Download (988kB)
[img] Text
3. PERNYATAAN MATERAI.pdf

Download (448kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Menganalisis gaya kepemimpinan transformasional yang diterapkan dalam memotivasi kinerja guru (2) Mempelajari faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi kinerja guru (3) Mengevaluasi dampak dari gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap peningkatan kualitas pembelajaran dan prestasi siswa (4) Mempelajari strategi yang digunakan dalam menerapkan gaya kepemimpinan transformasional yang efektif untuk memotivasi kinerja guru. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan melibatkan kepala sekolah dan guru sebagai subjek penelitian. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Gaya kepemimpinan transformasional yang diterapkan oleh kepala sekolah memiliki dampak positif terhadap motivasi kinerja guru. Gaya kepemimpinan ini menciptakan lingkungan kerja yang positif dan inklusif di mana guru merasa termotivasi untuk memberikan yang terbaik dalam pekerjaan mereka. (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi kinerja guru meliputi hubungan yang saling membutuhkan dan bekerja sama dengan guru sebagai rekan kerja, penghindaran diskriminasi atau perlakuan tidak adil terhadap guru, inspirasi dari kepala sekolah yang menganggap semua individu setara dan menghargai mereka, komunikasi yang baik, sikap positif dan kedekatan antara kepala sekolah dan guru. (3) Dampak dari gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap peningkatan kualitas pembelajaran dan prestasi siswa sangat signifikan. Gaya kepemimpinan ini menciptakan lingkungan kerja yang inklusif, saling mendukung, dan kolaboratif di antara guru, yang berkontribusi pada peningkatan kualitas pembelajaran. Kepala sekolah memberikan dukungan, sumber daya, dan pembinaan yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. (4) Strategi yang digunakan dalam menerapkan gaya kepemimpinan transformasional yang efektif untuk memotivasi kinerja guru meliputi memimpin dengan visi dan misi yang jelas, memberikan dukungan dan sumber daya, mendorong kerja sama dan partisipasi, mendorong inovasi dan kreativitas, serta menilai dan mengevaluasi. Kepala sekolah juga memberikan kesempatan bagi guru untuk mengikuti pelatihan dan pengembangan profesional, serta memberikan pengakuan dan penghargaan atas upaya dan kontribusi guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Transformasional, Motivasi, Kinerja Guru
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Depositing User: Suriya Abdi
Date Deposited: 21 Feb 2024 01:44
Last Modified: 21 Feb 2024 01:44
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/20412

Actions (login required)

View Item View Item