HUBUNGAN PERSONAL HYGIENE DENGAN KELUHAN GANGGUAN KULIT PADA BINTARA DI BARAK SEKOLAH POLISI NEGARA (SPN) BANJARBARU PROVINSI KALIMANTAN SELATAN 2023

Ghapur, Muhammad Bima (2024) HUBUNGAN PERSONAL HYGIENE DENGAN KELUHAN GANGGUAN KULIT PADA BINTARA DI BARAK SEKOLAH POLISI NEGARA (SPN) BANJARBARU PROVINSI KALIMANTAN SELATAN 2023. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ARTIKEL SPN Muhammad Bima Ghapur.pdf

Download (228kB)
[img] Text
lembar pengesahan skripsi.pdf

Download (226kB)
[img] Text
keaslian penelitian metrai.pdf

Download (366kB)

Abstract

Latar belakang : Masalah kesehatan kulit atau penyakit kulit adalah salah satu penyakit atau kelainan yang memengaruhi kulit manusia. Seperti jaringan lain, kulit dipengaruhi oleh semua jenis perubahan patologis, termasuk proses herediter, inflamasi, neoplastik baik yang jinak maupun ganas, endokrin, hormon. Tujuan penelitian : penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Personal Hygiene dengan Keluhan Gangguan Kulit pada Bintara di Barak Sekolah Polisi Negara (SPN) Banjarbaru. Metode penelitian : Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan survey analitik dengan pendekatan cross sectional (studi potong lintang). Populasi & Sampel : populasi dalam penelitian ini adalah siswa bintara pada tahun 2023 berjumlah 267 dan Sampel penelitian ini adalah siswa SPN Banjarbaru sebanyak 73 orang. Penelitian ini diambil menggunakan dengan metode Accidental Sampling. Hasil : Berdasarkan hasil uji statistik dengan menggunakan chi square didapatkan nilai p-value = 0,003, nilai tersebut menunjukkan bahwa nilai p < 0,05. Kesimpulan : Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara personal hygiene dengan keluhan gangguan kulit pada siswa di SPN Polda Kalimantan Selatan tahun 2023. Saran : agar menekankan keutamaan personal hygiene pada siswa yang sedang menempuh pendidikan di SPN Polda Kal-sel serta diharapkan penelitian ini dapat menjadi acuan untuk menambah pengetahuan mengenai hubungan personal hygiene terhadap keluhan gangguan kulit pada siswa SPN yang sedang menempuh pendidikan terkhususnya di SPN Polda Kal-sel.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Keluhan Gangguan Kulit, Personal Hygiene.
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Depositing User: Muhammad Bima Ghapur
Date Deposited: 21 Feb 2024 05:40
Last Modified: 21 Feb 2024 05:40
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/20438

Actions (login required)

View Item View Item