STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) MELALUI PENINGKATAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA PADA USAHA PENGOLAHAN TELUR ASIN NIDA ULFALAH KELURAHAN KETAPANG DI TANAH LAUT

Aulia, Asfa (2024) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) MELALUI PENINGKATAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA PADA USAHA PENGOLAHAN TELUR ASIN NIDA ULFALAH KELURAHAN KETAPANG DI TANAH LAUT. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (166kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan (1).pdf

Download (464kB)
[img] Text
Keaslian Skripsi.pdf

Download (280kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan UMKM melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia pada usaha pengolahan telur asin Nida Ulfalah Desa Ketapang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kualitas SDM pada UMKM Pengolahan Telur Asin Desa Nida Ulfalah Ketapang terdiri dari 3 (tiga) jalur. 1) Pelatihan, dengan menggunakan metode On The Job dan metode Demonstrasi dan Contoh. 2) Pendidikan, dengan menggunakan metode Coaching and Counseling. 3) Pengalaman Kerja, mengutamakan seseorang yang memiliki pengalaman kerja dalam merekrut karyawan. Peningkatan kualitas SDM yang telah diterapkan pada UMKM Pengolahan Telur Asin Desa Nida Ulfalah Ketapang telah memberikan kontribusi terhadap keberlangsungan usahanya, sehingga dapat dijadikan strategi pengembangan UMKM.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan UKM, Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: UPT PPJ
Date Deposited: 24 Feb 2024 02:07
Last Modified: 24 Feb 2024 02:07
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/20440

Actions (login required)

View Item View Item