ANALISA FRAKSI VARIASI VOLUME DAN SUSUNAN SERAT KOMPOSIT HYBRID BERPENGUAT SERAT ALAM TEBU, SABUT KELAPA DAN BEMBAN BERMATRIKS POLYESTER TERHADAP KEKUATAN IMPACT

Fadillah, Mohamad Ichsan (2024) ANALISA FRAKSI VARIASI VOLUME DAN SUSUNAN SERAT KOMPOSIT HYBRID BERPENGUAT SERAT ALAM TEBU, SABUT KELAPA DAN BEMBAN BERMATRIKS POLYESTER TERHADAP KEKUATAN IMPACT. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (237kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan Skripsi.pdf

Download (468kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (336kB)

Abstract

Serat alam yang sangat mudah ditemukan di lingkungan sekitar menjadi alternatif pengisi komposit guna mengurangi pemakaian serat sintesis. Akan tetapi, masih banyak serat alam yang belum diteliti lebih lanjut diantaranya tebu, bemban, dan kelapa tumbuh subur di wilayah Kalimantan Selatan. Maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh komposit yang diperkuat dengan perpaduan antara serat tebu, bemban, dan sabut kelapa terhadap ketangguhan material komposit. Metode penelitian berupa penelitian eksperimen dengan 3 tahapan yang meliputi studi literatur, studi lapangan, dan pembuatan serta pengujian spesimen komposit. Perlakuan 6 spesimen yang telah dibentuk kemudian setelah dikeringkan, lalu direndam dengan NaoH 4% selama 1 jam, selanjutnya dicuci dan dikeringkan. Hasil pengujian menunjukkan terhadap pengaruh variasi fraksi volume dan variasi fraksi susunan serat pada keenam spesimen. Harga impact paling besar 0,0114 J/????????2dimiliki spesimen A dengan perbandingan fraksi volume 20% : 15% : 10% dan perbandingan susunan serat lurus, acak, lurus.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Komposit, Serat Alam, Uji Impact
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TS Manufactures
Depositing User: Mohamad Ichsan Fadillah
Date Deposited: 21 Feb 2024 03:38
Last Modified: 21 Feb 2024 03:38
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/20451

Actions (login required)

View Item View Item