APLIKASI PELAPORAN DATA KEPENDUDUKAN DAN LAYANAN PENGADUAN MASYARAKAT PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN BANJAR

Rahmadhina, Rizky (2024) APLIKASI PELAPORAN DATA KEPENDUDUKAN DAN LAYANAN PENGADUAN MASYARAKAT PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN BANJAR. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (149kB)
[img] Text
Pengesahan Skripsi.pdf

Download (244kB)
[img] Text
Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (364kB)

Abstract

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banjar merupakan instansi pemerintah dalam pelayanan publik yang menyelenggarakan urusan pemerintahan pada bidang kependudukan dan pencatatan sipil. Pada bidang pelaporan data kependudukan yang diinput berdasarkan aparat desa masih lambat terproses karena data yang diterima diinput ke Microsoft Excel. Begitu juga dalam layanan pengaduan masyarakat belum memiliki alur sistem tersendiri. Aplikasi dirancang untuk mengelola pelaporan data kependudukan yaitu menginput data LAMPID (Lahir, Meninggal, Pindah, Datang) sehingga dapat menghasilkan rekapitulasi dan mengelola pengaduan masyarakat. Aplikasi dibangun menggunakan metode Waterfall. Perancangan sistem menggunakan Unified Modelling Languange (UML). Menggunakan Bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai penyimpanan data. Dari Penelitian ini dihasilkan Aplikasi Pelaporan Data Kependudukan dan Layanan Pengaduan Masyarakat berbasis web yang dapat membantu kinerja pegawai terbukti dari hasil User Acceptance Test yang dilakukan pada pegawai dengan hasil 76,75% dan hasil User Acceptance Test oleh masyarakat dengan hasil 77,5%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pelaporan Data, Pengaduan Masyarakat, LAMPID
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Depositing User: Rizky Rahmadhina
Date Deposited: 04 Mar 2024 03:40
Last Modified: 04 Mar 2024 03:40
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/20509

Actions (login required)

View Item View Item